Hari/Tanggal: Rabu, 8 Januari 2025
Kelas : IV
Muatan Pembelajaran :
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
P5 : Tema Kewirausahaan Meronce Kreativitas dalam Setiap Karya Tangan
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
-Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Dimensi | Elemen | Subelemen | Capaian pada fase B | |
Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT | Berempati kepada orang lain | Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat | ||
Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk | ||
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari | Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan | |||
Mandiri | Regulasi diri | Menunjukkan inisiatif dan | Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta |
AKTIVITAS 1
PERKENALAN
Kegiatan : Perkenalan
Objektif : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.
Materi :
a. Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan
b. Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
PERSIAPAN
1. Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.
2. Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.
PELAKSANAAN
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
2. Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
3. Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
PERKENALAN
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
NAMA : ....................................... NOMOR : .................................... |
GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI. |
AKTIVITAS 2
MENGENAL JENIS RONCE
Kegiatan : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce
Objektif : Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce
Materi :
a. Jenis-jenis Ronce
b. Lembar Kerja Prediksi
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
Peran Guru : Fasilitator
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melalui tema kewirausahaan melakukan rancangan untuk membuat wadah dari jarum pentul menggunakan kain flanel. Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha dari kain flanel yang akan dilakukan. Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.
No comments:
Post a Comment
see you