Hari/Tanggal: Jumat/14 Februari 2025
Kelas IV
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Assalamu'alaikum wr wb...
Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.
Dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 140-142 terdapat teks berjudul "Bertualang di Sabana Sumba" oleh B.E. Priyanti.
Jawab pertanyaan dari Teks 'Bertualang di Sabana Sumba', Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 6, yuk!
Tokoh 'Aku' di ceritakan berkunjung ke Bukit Warinding, sebuah dataran tinggi sabana yang sangat luas di Sumba Timur.
Pulau Sumba adalah salah satu wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan wilayah yang membentang dari Sumba Barat hingga Sumba Timur.
Lanskap pemandangan alam di pulau ini terdiri dari sabana, bukit kapur, hingga lautan yang cukup unik dan jarang ditemukan di wilayah lainnya di Indonesia.
Dua tokoh yang ditampilkan dalam teks bacaan adalah tokoh 'aku' dan sepupunya yang bernama Arman.
Selain Bukit Warinding, ada kawasan sabana lain yang merupakan vegetasi khas Sumba di sekitar Puru Kambera.
Kawasan sabana itu sering jadi destinasi wisata karena banyak terdapat kuda liar Sumba yang terlihat di alam bebas.
Ketika musim kemarau gerombolan-gerombolan kuda akan mudah ditemukan karena kondisi sabana yang kering sehingga mendukung gerak kuda-kuda itu untuk merumput.
Namun, sebelum pergi ke kawasan sabana itu perlu persiapan yang matang karena di lokasi sabana itu enggak banyak tersedia fasilitas seperti umumnya destinasi-destinasi wisata lainnya.
a. Bagaimana menurut kalian cerita "Bertualang di Sabana Sumba" secara keseluruhan?
Jawab: teks bacaan "Bertualang di Sabana Sumba" adalah bacaan yang cukup menarik.
Pada teks ini ditunjukkan tentang sebuah rencana liburan yang dirancang jauh-jauh hari, karena tokoh "aku" bahkan menabung untuk mewujudkan rencana liburan ini.
Dari teks bacaan ini, kamu juga bisa mengenal salah satu bagian lanskap alam di Indonesia yang unik dan enggak mudah ditemukan di bagian-bagian lain wilayah Indonesia.
b. Apakah judul cerita sudah menggambarkan isi cerita?
Jawaban: belum. Karena judul bertuliskan 'Berpetualang di Sabana Sumba' namun isi paragraf belum menceritakan petualangan dari tokoh 'Aku' dan Arman di sabananya.
Cerita berhenti di fakta bahwa petualangan mereka baru akan dimulai besok hari setelah semua persiapan untuk berkunjung ke Sabana sudah dilakukan.
c. Bagaimana pendapat kalian tentang ilustrasi pada cerita ini?
Jawab: Ilustrasi yang menunjukkan bahwa tokoh 'Aku' dan Arman sepupunya menunjukkan interaksi dengan kuda-kuda liar Sumba meski hal itu belum terjadi.
Gambaran ilustrasi ini mungkin merupakan bayangan dan imajinasi tokoh Aku tentang liburannya di Sumba, NTT.
Fakta bahwa kuda liar adalah daya tarik sabana di Sumba ini, bisa jadi tokoh aku dan Arman mungkin enggak bisa berinteraksi terlalu dekat tanpa bantuan pawang khusus.
Pertanyaan: |
Kapankah kuda-kuda liar Sumba yang tinggal di Sabana pergi merumput? kesimpulan: alhamdulillah peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik peserta didik dapat menemukan kosa kata baru dan menggunakannya dalam kalimat |
No comments:
Post a Comment
see you