Friday, May 23, 2025

Bahasa Indonesia Kelas IV SD

Hari/Tanggal : Jumat, 23 Mei 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 

Capaian Bahasa Indonesia

1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

     


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah.

Bahasa Indonesia

Pada Pembelajaran Bab VIII Sehatlah Ragaku muatan Bahasa Indonesia Kelas IV kita akan belajar mengasah kreativitas dengan membuat alat pengingat minum sederhana. Pengingat minum ini dapat digunakan untuk mengingatkan siswa akan pentingnya minum air setiap hari.

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja maksimal.  Orang dewasa umumnya membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sebaliknya, kekurangan konsumsi air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. 

Minum air putih membantu kelancaran metabolisme tubuh kita. Secara sederhana, metabolisme adalah proses tubuh mencerna makanan/minuman yang kita konsumsi, menyerap zat-zat yang diperlukan tubuh, lalu membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan. Sisa ini dikeluarkan melalui keringat, urine, atau feses. Proses ini akan lebih lancar jika kita mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Di dalam teks “Pentingnya Air bagi Tubuh Kita” dikatakan bahwa kita harus minum air putih dalam jumlah yang cukup supaya tidak dehidrasi. Namun, terkadang kita lupa sudah berapa banyak air putih yang kita konsumsi hari ini. 

Untuk membantu kalian mengingatnya, buatlah bagan “Pengingat Minum”. Pengingat Minum ini tidak harus memiliki gambar botol. Biarkan peserta didik berkreasi menghias karyanya.

A. Alat dan Bahan:
Beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat alat pengingat minum antara lain sebagai berikut :
  1. Kertas karton kira-kira seukuran A4 
  2. Alat tulis
  3. Alat pewarna
  4. Gunting atau pisau pemotong
  5. Selotip

B. Cara Membuat
Untuk membuat Pengingat Minum ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar pengingat minum tersebut dapat berfungsi dengan baik. Beberapa langkah membuat alat pengingat minum adalah sebagai berikut :
Pengingat Minum
  1. Buatlah kertas karton menjadi dua bagian
  2. Buatlah garis-garis pada kertas A dengan jarak 1 cm dan tuliskan angka 0-8
  3. Guntinglah kertas A dan B sesuai garis putus-putus
  4. Warnai kertas B dengan warna kesukaan kalian
  5. Potong sisi kertas B menjadi 3 bagian
  6. Selipkan kertas B ke dalam kertas A seperti pada gambar
  7. Rekatkan bagian terputus pada kertas B dengan selotip
  8. Hiaslah kertas A dengan gambar kalian.
  9. Tuliskan Judul Pengingat Minum dan nama kalian
  10. Geser kertas B ke bawah kemudian geser ke atas setiap kalian minumsatu gelas air
  11. Lakukan setiap hari mulai dari 0 setiap harinya

Demikian pembahasan mengenai Kreativitas Membuat Pengingat Minum. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud.

No comments:

Post a Comment

see you