Hari/Tanggal : Kamis, 22 Mei 2025
Mata Pelajaran : IPAS
CP :
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari |
TP /ATP:
Tujuan Pembelajaran Topik A :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi norma.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi adat istiadat.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi norma atau adat istiadat yang berlaku di sekitarnya..
Tujuan Pembelajaran Topik B :
1. Peserta didik dapat membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis.
2. Peserta didik dapat menganalisis perlunya mematuhi peraturan.
3. Peserta didik dapat mendemonstrasikan contoh norma dan pelanggaran norma di suatu tempat..
Tujuan Pembelajaran Topik C :
1. Peserta didik dapat menganalisis dampak dari sebuah pelanggaran peraturan tertulis dan tidak tertulis.
2. Peserta didik dapat menganalisis manfaat menaati peraturan.
IPAS
MATERI UJIAN SEMESTER 2
Bab 5 – Cerita tentang Daerahku
- Kerajaan Bercorak Hindu-BuddhaDari berbagai peninggalan yang ada, diketahui bahwa Hindu Buddha masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para pendeta Brahmana dan Pedagang India. Setelah itu, bermunculan kerajaan Islam di Indoneisa.Contoh kerajaan Hindu, yaitu Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit. Sedangkan kerajaan Buddha, yaitu kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Mataram.
- Kerajaan Bercorak IslamAgama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat. Waktu itu kekuatan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya sudah mulai melemah. dan kerajaan dibawah kekuasaannya mulai memeluk agama Islam.Setelah itu, bermunculan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Contoh kerajaan yang bercorak Islam, yaitu Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, Kerajaan Ternate, Kerajaan Tidore, Kerajaan Gowa, dan Kerajaan Banten.
- Peninggalan Masa Kerajaan Hindu-Budha
- Candi
- Arca
- Seni ukir
- Karya sastra
- Bahasa dan Tulisan
- Peninggalan Masa Kerajaan Islam
- Masjid
- Batu Nisan
- Kaligraf
- Keraton
- Kerajaan Bercorak Hindu-Buddha
- Dari berbagai peninggalan yang ada, diketahui bahwa Hindu Buddha masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para pendeta Brahmana dan Pedagang India. Setelah itu, bermunculan kerajaan Islam di Indoneisa.Contoh kerajaan Hindu, yaitu Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit. Sedangkan kerajaan Buddha, yaitu kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Mataram.
- Kerajaan Bercorak IslamAgama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat. Waktu itu kekuatan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya sudah mulai melemah. dan kerajaan dibawah kekuasaannya mulai memeluk agama Islam.Setelah itu, bermunculan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Contoh kerajaan yang bercorak Islam, yaitu Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, Kerajaan Ternate, Kerajaan Tidore, Kerajaan Gowa, dan Kerajaan Banten.
- Peninggalan Masa Kerajaan Hindu-Budha
- Candi
- Arca
- Seni ukir
- Karya sastra
- Bahasa dan Tulisan
- Peninggalan Masa Kerajaan Islam
- Masjid
- Batu Nisan
- Kaligraf
- Keraton
3. Bab 7- Bagaimana Mendapatkan Semua Kebutuhan Kita?
Pada bab 7, materi yang dibahas, yaitu:- Manusia adalah makhluk hidup yang membutuhkan bantuan orang lain untuk memeneuhi kebutuhan.
- Kebutuhan manusia menurut kepentingan atau intensitas kegunaan, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
- Manusia melakukan barter sebelum dikenal adanya uang. Dalam barter, barang memiliki nilai yang sama.
- Awal mula uang.
- Fungsi uang sebagai alat tukar.
- Syarat uang sebagai alat tukar
- Dapat diterima atau disukai oleh semua masyarakat umum.
- Tidak cepat mengalami perubahan atau rusak.
- Mudah dibawa keman-mana, dan lainnya.
- Pasar adalah tempat bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli.
- Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
- Manusia adalah makhluk hidup yang membutuhkan bantuan orang lain untuk memeneuhi kebutuhan.
- Kebutuhan manusia menurut kepentingan atau intensitas kegunaan, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
- Manusia melakukan barter sebelum dikenal adanya uang. Dalam barter, barang memiliki nilai yang sama.
- Awal mula uang.
- Fungsi uang sebagai alat tukar.
- Syarat uang sebagai alat tukar
- Dapat diterima atau disukai oleh semua masyarakat umum.
- Tidak cepat mengalami perubahan atau rusak.
- Mudah dibawa keman-mana, dan lainnya.
- Pasar adalah tempat bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli.
- Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
Bab 8 – Membangun Masyrakat yang Beradab
- Norma adalah aturan yang berlaku pada suatu wilayah.
- Adat istiadat adalah aturan tidak tertulis dan diakui sebagai hal yang baik untuk dilakukan. Adat istiadat merupakan bagian dari norma.
- Jenis norma. Secara umum, norma dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu norma agama, norma susila,norma sosial, dan norma hukum.
- Tujuan dibuatnya norma
- Terciptanya kehidupan harmonis di dalam masyarakat.
- Sebagi petunjuk dalam bersikap dan bertindak.
- Sebagai pengontrol.
- Contoh daerah yang menerapkan aturan adat istiadat di Indonesia, yaitu Bali, Banten, dan Nusa Tenggara Timur.
- Macam-macam peraturan, yaitu peraturan tertulis dan peraturan tidak tertulis.
- Tujuan peraturan, yaitu untuk menciptakan kehidupan yang tertib karena ketertiban menciptakan masyarakat yang beradab
No comments:
Post a Comment
see you