Wednesday, May 21, 2025

Kelas 4

Hari/Tanggal               : Rabu, 21 Mei 2025

Kelas                            : IV A

Muatan Pelajaran         : 

1. Matematika              :  
Materi                            : Pengolahan Data
CP: 

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

TP :

Peserta didik dapat menyajikan data dalam bentuk piktogram.

Peserta didik dapat menginterpretasikan data dalam bentuk piktogram

ATP :

Menyelidiki hubungan antar dua besaran yang berubah seiring waktu dan mampu menuliskan perubahannya.

Menggunakan grafik untuk menunjukkan perubahan dan membaca karakteristik perubahan.

Menggunakan kalimat matematika untuk menyatakan hubungan antar kuantitas.

Menyatakan kuantitas mengunakan kalimat, angka, gambar, tabel, dan grafik.

Menyelidiki hubungan antar dua besaran yang berubah seiring waktu dan mampu menuliskan perubahannya.

Menggunakan grafik untuk menunjukkan perubahan dan membaca karakteristik perubahan.


2. P5                                            :  Tema Kewirausahaan 

Meronce Kreativitas dalam Setiap Karya Tangan

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

-Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri

Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya


 

MODEL PEMBELAJARAN          : PJBL(PROJECT BASED LEARNING)

METODE PEMBELAJARAN        : EKSPLORASI

MEDIA/ALAT DAN BAHAN      : VIDEO, LKPD , PENSIL, KRAYON.



 
Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

MATEMATIKA


Pada akhir setiap topik pembelajaran peserta didik kelas IV sekolah dasar pada Kurikulum Merdeka akan melaksanakan asesmen formatif. Pada mata pelajaran matematika bab 15 Penyusunan Data materi yang diujikan adalah Penyajian dan Penyusunan Data dalam bentuk Tabel dan Diagram.

Pada asesmen formatif untuk ata pelajaran matematika Bab 15 Penyusunan Data terdiri dari 10 soal pilihan ganda, 10 soal isian singkat dan 5 soal Uraian. Berikut ini Soal asesmen formatif Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Bab 15 Penyusunan Data.

I. BERILAH TANDA SILANG ( X ) PADA HURUF A, B, C, ATAU D DI DEPAN JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.Setelah memperoleh data biasanya data-data yang diperoleh tersebut disajikan dalam dua bentuk yaitu ... dan ....
A.
tabel dan diagram
B.tabel dan test lisan
C.diagram dan test tertulis
D.tabel dan wawancara
Pembahasan :
Data biasanya disajikan dalam bentuk tabel dan diagram (A)
2.Dalam proses pengumpulan data ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan data seperti berikut ini kecuali ...
A.wawancara
B.observasi
C.kuesioner
D.membayangkan
Pembahasan :
Proses pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan kuesioner (D)
3.Tabel berikut menyajikan catatan luka siswa kelas IV dari sekolah Oki
NamaTempatJenis Luka
MadeLapanganLuka Kecil
OkiRuang KelasTergores
OniRuang KelasLuka Kecil
TataRuang Olah RagaTerkilir
NormanKoridorMemar
NoviRuang Olah RagaJari Terkilir

NamaTempatJenis Luka
OdiLapanganMemar
YantoLapanganTergores
YasminRuang Olah RagaLuka Kecil
MonikaRuang Olah RagaMemar
KikiRuang KelasLuka Kecil
HestiRuang Olah RagaLuka Kecil
Jenis luka yang sering dialami siswa kelas IV adalah ...
A.tergores
B.luka kecil
C.memar
D.terkilir
Pembahasan :
Tabel Pengelompokkan :
Jenis LukaTempatJumlah
Luka KecilLapangan1
TergoresRuang Kelas1
Luka KecilRuang Kelas2
Luka KecilRuang Olah Raga2
TerkilirRuang Olah Raga1
MemarKoridor1
MemarRuang Olah Raga1
Jari TerkilirRuang Olah Raga1
MemarLapangan1
TergoresLapangan1
Jumlah12
Pada tabel banyak siswa yang mengalami luka kecil ada 5 anak (B)
4.Tempat yang paling sedikit terjadi kecelakaan adalah ...
A.lapangan
B.ruang kelas
C.koridor
D.ruang olah raga
Pembahasan :
Lapangan 3 kecelakaan
Ruang kelas 2 kecelakaan
Ruang olah raga 4 kecelakaan
Koridor hanya 1 kecelakaan (C)
5.Tempat yang paling banyak terjadi kecelakaan adalah ...
A.lapangan
B.ruang kelas
C.koridor
D.ruang olah raga
Pembahasan :
Ruang paling banyak terjadi kecelakaan adalah ruang olah raga yaitu 4 kecelakaan (D)
6.Anak yang mengalami kecelakaan memar adalah ...
A.Made, Oni, Yasmin, Kiki dan Hesti
B.Oki dan Yanto
C.Norman dan Monika
D.Novi
Pembahasan :
Norman dan Monika (C)
7.Banyak anak yang mengalami luka tergores adalah ...
A.2 anak
B.3 anak
C.4 anak
D.5 anak
Pembahasan :
Banyak anak yang mengalami luka tergores sebanyak 2 anak (A)
8.Bentuk diagram batang yang tepat untuk catatan luka kelas IV di sekolah Oki adalah ...
A.
Tabel1
B.
Tabel2
C.
Tabel3
D.
Pembahasan :
Bentuk diagram batang yang tepat adalah (A)
9.Perhatikan diagram di bawah ini!
Eskul
Berapa anak yang mengikuti eksperimen sains jika jumlah siswa kelas IV 50 anak?
A.10 anak
B.12 anak
C.13 anak
D.14 anak
Pembahasan :
Ekperimen Sain = 50 - (9 - 10 - 6 - 6 - 6) = 50 - 37 = 13 (C)
10.Perhatikan diagram batang di bawah ini !
Soal 10
Jumlah siswa yang ada di kelas IV adalah ...
A.33
B.34
C.35
D.36
Pembahasan :
4 + 9 + 15 + 5 = 33 (A)

II. Jawablah Pertanyaan - Pertanyaan Di Bawah ini dengan Benar !
Perhatikan tabel di bawah ini !
Kelas
11. Siswa yang memiliki tinggi badan 130 cm dari kelas 4A dan 4B sebanyak ... anak.
2 + 1 = 3
12. Jumlah tinggi badan siswa kelas 4A dan 4B yang disurvei sebanyak ....anak
30 + 30 = 60 anak
13. Rata-rata tinggi badan siswa kelas 4A adalah ....
4.310 = 30 = 143,67
14. Tinggi badan paling banyak di kelas 4A dan 4B adalah ....
145= (8 anak dan 9 anak)
15. Selisih rata-rata tinggi badan siswa kelas 4A dan 4B  adalah ....
Rata-rata kelas 4B = 144,67, Rata-rata kelas 4B = 143,67, selisih = 1
Perhatikan diagram di bawah ini untuk soal 6 dan 7!
Eskul
6. Selisih peserta kegiatan ekstrakurikuler sepak bola dengan sepak takraw adalah ....
18 - 5 = 13 siswa
7. Peserta kegiatan ekstrakurikuler yang jumlah siswanya sama adalah ...
Badminton dan bola voli = 15
Perhatikan data berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Data Nilai IPAS anak Kelas IV
Nilai

8. Nilai IPAS tertinggi adalah ...

Nilai IPAS tertinggi adalah 100
9. Selisih nilai tertinggi dengan nilai terendah adalah ...
100 - 70 = 30
10. Nilai yang paling banyak diperoleh siswa kelas IV adalah ...
Nilai 90 sebanyak 8 orang siswa
III. Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Jelas!
21. Lengkapi tabel di bawah ini dengan data yang ada di sebelahnya.
Siswa yang memiliki kakak laki-laki ada 12 orang
Siswa yang memiliki kakak perempuan ada 9 orang
Siswa yang tidak memiliki kakak laki-laki atau kakak perempuan ada 12 orang.
Kakak
Haruka melakukan survei di dua RT tentang ukuran sepatu anak-anak perempuan dan anak laki=laki umur 12 tahun - 15 tahun (data untuk soal 22 - 25) !
Sepatu
22. Dari data di atas buatlah tabelnya !
Ukuran SepatuBanyak Anak
342
353
363
374
385
393
406
412
421
432
23. Berapa jumlah anak yang menggunakan ukuran sepatu 40?
6 anak
24.  Berapa ukuran sepatu yang paling banyak digunakan?
Ukuran sepatu 40 (6 anak)
25. LBerapa ukuran sepatu yang paling sedikit digunakan?
Ukuran sepatu 42 (1 anak)


PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA



AKSI MERONCE MENGGUNAKAN BAHAN MANIK-MANIK.

 

Kegiatan                         : Meronce Menggunakan Manik-Manik

Materi                              : Hasil Karya Kerajinan Meronce

Peran Pendidik               : Fasilitator

 

Persiapan

1.       Pendidik memberikan informasi kepada peserta didik untuk membawa alat dan bahan yang dibutuhkan.

2.       Manik-manik, senar atau benang, dan gunting.

Pelaksanaan

1.       Pendidik memperagakan cara meronce menggunakan manik-manik.

2.       Peserta didik diminta untuk memperhatikan pendidik.

3.       Peserta didik dipersilahkan meronce menggunakan manik-manik.

4.       Pendidik memonitoring peserta didik  dalam proses meronce menggunakan manik-manik.

5.       Pendidik mengevaluasi dan merefleksi hasil kerajinan peserta didik.

6.       Pendidik memberikan penguatan dan arahan kepada peserta didik dalam meronce yaitu beberapa unsur yang dapat diterapkan ketika menyusun karya roncean diantaranya adalah keutuhan dan keseimbangan bentuk dan warna. Keseimbangan digunakan untuk menyusun bahan-bahan roncean.

Asesmen Formatif Hasil Karya

 

Kreatif

 

Sub-elemen

Belum

Berkembang

Mulai

Berhembang

Berkembang sesuai harapan

Sangat Berkembang

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang diberikan

Mengidentifikasi satu gagasan baru dalam upaya menghadapi situasi dan permasalahan.

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

Selalu dibantu dalam membuat karya

Sesekali dibantu dalam menuangkan ide dalam suatu karya 

Mampu mengeksplorasi suatu ide kedalam suatu karya

Mampu rnengeksplorasi dan mengekspresikan suatu ide dalam bentuk karya serta mampu mengapresiasi dan mengkritisi suatu karya

 

Mandiri

 

Sub-elemen

Belum

Berkembang

Mulai

Berhembang

Berkembang sesuai harapan

Sangat Berkembang

Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri.

Belum berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri

Bisa mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dengan bantuan orang tua

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri tanpa pengawasan dan dukungan orang tua


AKSI MERONCE MENGGUNAKAN BAHAN MANIK-MANIK.

 

 

Kegiatan                         : Meronce Menggunakan Manik-Manik

Materi                              : Hasil Karya Kerajinan Meronce

Peran Pendidik               : Fasilitator

 

Persiapan

3.       Pendidik memberikan informasi kepada peserta didik untuk membawa alat dan bahan yang dibutuhkan.

4.       Manik-manik, senar atau benang, dan gunting.

Pelaksanaan

7.       Pendidik memperagakan cara meronce menggunakan manik-manik.

8.       Peserta didik diminta untuk memperhatikan pendidik.

9.       Peserta didik dipersilahkan meronce menggunakan manik-manik.

10.    Pendidik memonitoring peserta didik  dalam proses meronce menggunakan manik-manik.

11.    Pendidik mengevaluasi dan merefleksi hasil kerajinan peserta didik.

12.    Pendidik memberikan penguatan dan arahan kepada peserta didik dalam meronce yaitu beberapa unsur yang dapat diterapkan ketika menyusun karya roncean diantaranya adalah keutuhan dan keseimbangan bentuk dan warna. Keseimbangan digunakan untuk menyusun bahan-bahan roncean.

Asesmen Formatif Hasil Karya

 

Kreatif

 

Sub-elemen

Belum

Berkembang

Mulai

Berhembang

Berkembang sesuai harapan

Sangat Berkembang

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang diberikan

Mengidentifikasi satu gagasan baru dalam upaya menghadapi situasi dan permasalahan.

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

Selalu dibantu dalam membuat karya

Sesekali dibantu dalam menuangkan ide dalam suatu karya 

Mampu mengeksplorasi suatu ide kedalam suatu karya

Mampu rnengeksplorasi dan mengekspresikan suatu ide dalam bentuk karya serta mampu mengapresiasi dan mengkritisi suatu karya

 

Mandiri

 

Sub-elemen

Belum

Berkembang

Mulai

Berhembang

Berkembang sesuai harapan

Sangat Berkembang

Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri.

Belum berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri

Bisa mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dengan bantuan orang tua

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri tanpa pengawasan dan dukungan orang tua


Kreatif

 

Sub-elemen

Belum

Berkembang

Mulai

Berhembang

Berkembang sesuai harapan

Sangat Berkembang

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang diberikan

Mengidentifikasi satu gagasan baru dalam upaya menghadapi situasi dan permasalahan.

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

Menghasilkan karya dan tindakan orisinal

Selalu dibantu dalam membuat karya

Sesekali dibantu dalam menuangkan ide dalam suatu karya 

Mampu mengeksplorasi suatu ide kedalam suatu karya

Mampu rnengeksplorasi dan mengekspresikan suatu ide dalam bentuk karya serta mampu mengapresiasi dan mengkritisi suatu karya


Mandiri

 

Sub-elemen

Belum

Berkembang

Mulai

Berhembang

Berkembang sesuai harapan

Sangat Berkembang

Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri.

Belum berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri

Bisa mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dengan bantuan orang tua

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri tanpa pengawasan dan dukungan orang tua

 

Alhamdullilah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar,dan siswa Tuntas dalam memahami materi tentang pengolahan data dalam bentuk tabel

No comments:

Post a Comment

see you