Monday, July 21, 2025

Belajar Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Hari/Tanggal : Senin, 21 Juli 2025

Kelas : 4

Mata Pelajaran 

- Pendidikan Pencasila : Lingkungan Sekitar 

- Bahasa Indonesia : Sudah Besar

- Matematika : Bilangan Cacah sampai 10.000

- Seni Rupa : Menggambar rumah tetangga

Capaian Pembelajaran

Bahasa Indonesia 

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa :

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Berbicara dan mempresentasikan :

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis :

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Capaian Pembelajaran Pancasila:

Elemen NKRI : Peserta didik mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Capaian Pembelajaran Matematika :

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa :

Elemen Mengalami : Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik mampu menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman dua atau lebih unsur rupa dan satu prinsip desain.

Assalamu'alaikum wr wb...

  Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....

 Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.

Tujan Pembelajaran pada hari ini adalah :

-Peserta didik dapat mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal RT/RW

- Peserta didik dapat membaca dan menuliskan bilangan sampai 10.000

- Peserta didik dapat berlatih menggambar prespektif rumah tetangga

- Peserta didik dapat menentukan unsur-unsur instrinsik dalam cerita 

Pendidikan Pancasila 

A. Identitas Budaya Masyarakat.

Contoh beberapa Budaya yang ada di masyarakat Indonesia


B. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat

Contoh sikap dan prilaku menghargai perbedaan 

C. Perangkat Desa dan Kelurahan

Perbedaan desa dan kelurahan

  • Kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa, sedangkan lurah diangkat oleh bupati/walikota.
  • Desa dipimpin oleh kepala desa, sedangkan kelurahan oleh lurah.
  • Desa memiliki kepala dusun, sedangkan kelurahan memiliki kepala seksi.
  • Kinerja kepala desa diawasi oleh Badan Pengawasan Desa (BPD), sedangkan lurah bertanggung jawab kepada camat.
  • Kelurahan memiliki kelompok jabatan fungsional, sedangkan desa memiliki kepala seksi.

Bahasa Indonesia 

Cerita pendek atau cerpen adalah cerita fiksi yang singkat dan hanya memuat satu peristiwa utama. Cerita ini biasanya bisa dibaca dalam sekali duduk dan mengandung pesan atau pelajaran moral bagi pembacanya.

Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Pendek

Unsur intrinsik adalah bagian-bagian penting dari dalam cerita yang membentuk isi cerita. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tema
    Tema adalah ide utama atau gagasan pokok dari cerita.
    Contoh dari cerita di atas: kepedulian dan persahabatan.
  2. Tokoh dan Penokohan
    Tokoh adalah pelaku dalam cerita. Penokohan adalah sifat atau watak tokoh tersebut.
    Contoh: Lani (rajin, rendah hati), teman-teman Lani (peduli, perhatian).
  3. Latar
    Latar meliputi tempat, waktu, dan suasana cerita.
    Contoh: di sekolah, pagi dan siang hari, suasana haru dan bahagia.
  4. Alur atau Plot
    Alur adalah jalannya cerita. Untuk memudahkan, kita bisa membaginya menjadi tiga bagian:
    • Permasalahan: Lani tidak bisa merayakan ulang tahun karena harus membantu ibunya.
    • Tindakan: Teman-teman Lani diam-diam menabung dan menyiapkan kejutan.
    • Penyelesaian: Lani terharu dan bahagia saat mendapat kejutan ulang tahun dari teman-temannya.
  5. Sudut Pandang
    Sudut pandang adalah cara penulis menyampaikan cerita. Cerita ini menggunakan sudut pandang orang ketiga (dia).
  6. Amanat
    Amanat adalah pesan moral dalam cerita.
    Contoh: Sekecil apa pun kebaikan yang kita lakukan, bisa membawa kebahagiaan besar bagi orang lain.
Seni Rupa 




simaklah video berikut ini 

Matematika 
Bilangann cacah 


Berikut ini rangkuman materi matematika Download PDF

Demikian materi pembelajaran hari ini semoga bermaanfaat tetap semangat dalam menuntut ilmu.



No comments:

Post a Comment

see you