Tuesday, July 22, 2025

Kurikulum Merdeka Kelas IV

Hari/Tanggal                   :  Selasa, 22 Juli 2025

Muatan  Pembelajaran     :  

1. Matematika                   Bilangan Cacah sampai 10.000

2. Bahasa Indonesia         : Sudah Besar

3. IPAS                              : Wujud Benda

Capaian Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran IPAS:

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya. 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa :

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Berbicara dan mempresentasikan :

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis :

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

tujuan pembelajaran :

- peserta didik dapat menentukan ciri dari materi, unsur pada suatu zat

- peserta didik dapat membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai 10.000

- peserta didik dapat menentukan kalimat transitif dan kaliamat intransitif 

Assalamualaikum wrwb 

    


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

IPAS

  • Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang, sehingga bisa diukur massa dan volumenya.
  • Massa adalah besaran dari suatu benda. 
  • Untuk mengukur massa kita bisa menggunakan alat ukur timbangan
  • Ukuran massa bisa dinyatakan dalam gram (g), kilogram (kg) , atau miligram (mg)
  • Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat
  • Untuk mengukur volume kita bisa menggunakan alat ukur seperti gelas ukur
  • Ukuran volume dinyakan dalam mililiter (mL) dan Liter (L)
  • Semakin besar volumenya, maka semakin banyak jumlah zatnya. Semakin banyak julah zatnya, biasanya massanya akan lebih besar. 
  • Ada tiga jenis wujud benda atau materi, yaitu : padat, cair, dan gas
  • Perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas :

 


Topik C : Bagaimana Wujud Benda Berubah

  • Wujud zat bisa berubah jika zat tersebut menerima kalor (dipanaskan) atau melepaskan kalor (didinginkan)
  • Kalor adalah energi panas yang bisa diterima dan diteruskan oleh suatu benda ke benda lain
  • Perubahan Wujud Benda

Terdapat 6 jenis perubahan wujud benda akibat kalor, yaitu

1. Mencair atau meleleh adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Fenomena mencair terjadi karena benda padat dipanaskan atau menerima kalor.


2. Membeku adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Fenomena membeku terjadi karena benda cair didinginkan atau melepaskan kalor.


    3. Menguap adalah perubahan wujud benda cair menjadi gas. Fenomena menguap terjadi karena benda cair dipanaskan atau menerima kalor


    4. Mengembun adalah perubahan wujud benda gas menjadi cair. Fenomena mengembun terjadi karena benda gas didinginkan atau melepaskan kalor


    5. Menyublim adalah perubahan wujud benda padat menjadi gas. Fenomena menyublim terjadi karena benda padat dipanaskan atau menerima kalor.


    6. Terdeposisi adalah perubahan wujud benda padat menjadi gas. Fenomena terdeposisi terjadi karena benda gas didinginkan atau melepaskan kalor.

     

    Matematika 
    Bilangann cacah 


    Berikut ini rangkuman materi matematika Download PDF 

    Bahasa Indonesia 

    Kalimat transitif dan kalimat intransitif adalah dua jenis kalimat berdasarkan hubungan antara kata kerja dengan objek.
    • Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek untuk melengkapi kalimatnya. Objek adalah kata atau frasa yang menjadi sasaran dari tindakan yang dilakukan oleh subjek.
    • Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi kalimatnya. Kalimat ini sudah memiliki arti yang jelas walaupun tidak memiliki objek.
    Ciri-ciri 
    • Kalimat transitif memiliki objek yang dapat digantikan dengan kata tanya apa atau siapa.
    • Kalimat intransitif tidak memiliki objek.

    Contoh

    • Kalimat transitif

      • Subjek + Predikat + Objek
      • Ani membaca buku.
        • Ani : subjek, membaca : Predikat, Buku : Objek
      • Ayah membeli sepeda.
        • Ayah : subjek, membeli : Predikat, Sepeda : Objek
      • Dina melukis gambar.
        • Dina : subjek, Melukis : Predikat, Gambar : Objek
    • Kalimat intransitif

      • Subjek + Predikat
      • Ani gembira.
        • Ani : Subjek, Gembira : Predikat
      • Ridwan tidur.
        • Ridwan : Subjek, Tidur : Predikat
      • Bunga mekar.
        • Bunga : Subjek, Mekar : Predikat 
    Latihan 

    Berikut adalah beberapa latihan untuk memahami kalimat transitif dan kalimat intransitif:

    1. Tentukan jenis kalimat berikut berdasarkan hubungan antara kata kerja dengan objek:

      • Ani membaca buku.
      • Bunga mekar.
      • Ayah membeli sepeda.
      • Dina melukis gambar.
      • Ridwan tidur.
    2. Buatlah lima kalimat transitif dan lima kalimat intransitif.


    Semangat Belajar 
     Kesimpulan: dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan ada 5 orang siswa belum memahami materi tentang perubahan wujud benda untuk itu diberikan latihan agar siswa dapat memahami materi .

    No comments:

    Post a Comment

    see you