Hari/Tanggal : Selasa, 5 Agustus 2025
Kelas : 4
Mata Pelajaran:
Matematika : Bilangan cacah sampai 10.000
IPAS : Transformasi Energi
Bahasa Indonesia : Membuat Surat
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.
Capaian Pembelajaran IPAS:
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya.
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Menyimak:
1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Membaca dan memirsa :
3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar
5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.
Berbicara dan mempresentasikan :
7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.
9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.
Menulis :
10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.
11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.
12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
tujuan pembelajaran :
- Murid dapan menentukan energi, bentuk energi dan perubahannya
- Murid dapat mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000
- Murid dapat menulsikan surat
Assalamualaikum wrwb
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Kids, kita akan membahas materi matematika SD , tentang cara membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Apa kamu tahu cara membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Bilangan merupakan konsep matematika yang dipergunakan bagi pencacahan dan pengukuran.
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
Langkah-langkah membandingkan bilangan:
1. Bandingkan angka mulai dari tempat ribuan.
2. Jika angka ribuan sama, bandingkan angka pada tempat ratusan.
3. Jika angka ratusan juga bernilai sama, bandingkan angka pada tempat puluhan.
4, Jika angka puluhan sama, bandingkan angka pada tempat satuan.
5. Gunakan kata lebih dari (>), kurang dari (<), atau sama dengan (=).
Soal: Berilah tanda <, =, atau >
- 435 ... 453
- 268 ... 265
- 367 ... 367
Jawaban: Tanda < artinya lebih kecil dari. Sementara = berarti sama dengan. Tanda > artinya lebih besar dari. Sehingga tanda yang tepat yakni:
- 435 < 453
- 268 > 265
- 367 = 367
Soal :
1. Bandingkan bilangan berikut!
a. 3.125 dengan 3.512
b. 5.530 dengan 5.350
c. 8.880 dengan 8.808
Jawaban :
a. 3.125 < 3.512
b. 5.530 > 5.350
c. 8.880 > 8.808
Langkah-langkah mengurutkan bilangan :
- Semakin besar angka pada bilangan bulat negatif, maka semakin kecil nilainya
- Semakin besar angka pada bilangan bulat positif, maka semakin besar nilanya.
- Nol, nilainya lebih besar daripada bilangan nilai negatif dan lebih kecil nilainya dari bilangan positif.
Soal : Urutkan bilangan bulat dari terkecil sampai terbesar : 11, -6 , 0, 1, -3, 7, 6, -4
Jawaban : -6, -4, -3, 0, 1, 6, 7, 11
Soal: Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil sampai terbesar: 135, 543, 476, 125, 240, dan 385.
Jawaban: Seluruh bilangan yang diberikan terdiri dari tiga angka. Berarti seluruh bilangan adalah bilangan ratusan.
Tinggal urutkan yang angka pertamanya lebih kecil. Jika sama, baru angka kedua, dan seterusnya.
Sehingga urutan bilangan yang terkecil sampai terbesar adalah: 125 135 240 385 476 543
IPAS
- Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
- Manusia tidak dapat menciptakan dan memusnahkan energi, hal ini sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi.
- Energi dapat ditransfer dari satu benda ke benda lain saat benda bertabrakan.
- Energi juga dapat ditransfer dari satu tempat ke tempat lain melalui panas, suara, arus listrik, atau cahaya.
- Perangkat dapat dirancang untuk mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain.
- Prinsip transformasi energi dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan usaha.
- Beberapa contoh transformasi energi, yaitu:
- Energi listrik menjadi energi panas
- Energi listrik menjadi energi gerak
- Energi gerak menjadi energi bunyi
- Energi listrik menjadi energi suara
- Energi gerak menjadi energi panas
- Energi cahaya menjadi energi kimia
- Energi kimia menjadi gerak
- Energi panas menjadi gerak
- Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda berdasarkan ketinggian atau posisinya terhadap suatu titik acuan. Energi potensial juga disebut energi diam karena benda yang berada dalam keadaan diam dapat memiliki energi potensial. Ketika benda bergerak, energi potensial berubah menjadi energi kinetik.
Ada dua jenis energi potensial. Kedua jenis energi potensial adalah energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis. Energi potensial gravitasi terjadi karena ketinggian benda terhadap suatu bidang datar acuan seperti lantai atau tanah. Sementara itu, energi potensial elastis terdapat pada benda elastis seperti karet, pegas, atau busur panah, yang disebabkan oleh kecenderungan benda untuk kembali ke posisi semula. Sebagai contoh, saat busur panah belum digunakan, energi potensialnya adalah nol. Namun ketika busur panah ditarik, energi potensial elastis terjadi karena kecenderungan anak panah untuk kembali ke posisi semula.
Contoh energi potensial dalam kehidupan sehari-hari antara lain benda yang jatuh dari ketinggian tertentu ke tanah, tali busur atau ketapel yang ditarik ke belakang, bola yang menggelinding menuruni lereng, balon yang terisi udara, ayunan, trampolin, batu baterai, dan sebagainya.
- Energi Kinetik
Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani, yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Dari akar kata ini, kita dapat memahami bahwa setiap benda yang sedang bergerak memiliki energi kinetik. Oleh sebab itu, energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda karena geraknya. Misalnya, planet yang bergerak mengelilingi matahari dan bulan yang bergerak mengelilingi bumi memiliki energi kinetik. Kendaraan yang melaju di lintasan lurus, elektron yang bergerak mengelilingi inti atom, serta bola yang menggelinding juga memiliki energi kinetik.
Energi kinetik benda bergantung pada kecepatan geraknya. Semakin tinggi kecepatan benda bergerak, semakin besar energi kinetik yang dimilikinya. Sebagai contoh, jika sebuah batu jatuh dari gedung tinggi dan dapat memecahkan kaca jendela mobil di bawahnya, energi kinetiknya sangat besar.
Kesimpulan: alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar masih ada 3 orang murid yang belum memahami materi tentang transformasi energi listrik menjadi gerak. murid diberikan latihan di rumah
Setelah memahami materi kalimat transitif dan kalimat intransitif, kita akan membahas cara menulis surat menggunakan kalimat yang baik dan benar. Dan berikut ini bagian bagian yang perlu diketahui dari surat pribadi, antara lain:
a. Alamat dan Tanggal Surat
Ketika kita menulis surat pribadi, kita harus menuliskan alamat dan tanggal pembuatan surat. Alamat yang
dituliskan merupakan alamat penerima surat dan tuliskan pula nama penerima surat. Selain itu, juga harus menuliskan tanggal dimana surat ditulis.
b. Salam Pembuka
Salam pernbuka tidak perlu seperti pada penulisan surat dinas, yang terpenting salam pembuka pada surat ini bentuknya sopan. Dalam penulisan salam pembuka ini, kita dapat memakai salam yang lebih santai. Misalnya kita menggunakan salam pembuka seperti: salam manis, salam sejahetra, dan lain sebagainya.
c. Paragraf Pembuka
Pada surat pribadi, terdapat pula bagian paragraf pembuka sama seperti halnya surat dinas atau surat formal. Melalui paragraf pembuka ini, kita dapat memberikan pembahasan yang sifatnya basa-basi. Misalnya kita bisa memulai dengan menanyakan kabar, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya.
d. Paragraf Isi
Paragraf isi ini biasanya menjadi bagian paling penting dalam menulis surat, baik untuk surat formal
maupun surat pribadi. Pada bagian paragraf isi ini, kita bisa menyampaikan semua maksud atau tujuan kepada penerima surat. Dan yang terpenting kita harus menulis secara jelas dan mudah dimengerti oleh penerima surat tersebut.
e. Paragraf Penutup
Setelah kita selesai menulis bagian paragraf isi surat, kita juga harus menuliskan kalimat atau paragraf penutup.
Pada kalimat penutup ini, kita dapat mengakhiri surat dengan permohonan maaf, harapan, dan lain sebagainya.
Kesimpulan : alhamdulillah kegiatan oembelajran hari ini berjalan dengan baik. Peserta didik dapat memahami materi mengurutkan pecahan dan perubahan energi. Siswa tuntas dalam kegiatan pembelajaran. Ada 3 orang siswa tidak sekolah karena sakit
No comments:
Post a Comment
see you