Wednesday, August 6, 2025

Materi Kelas IV Kurikulum Merdeka

Hari/Tanggal : Rabu, 6 Agustus 2025

Kelas IV 

Mata Pelajaran : 

Matematika : membandingkan bilangan cacah sampai 10.000

IPAS : Transformasi Energi

Seni rupa : menggambar rumah tetangga

Capaian Pembelajaran IPAS:

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya. 

Capaian Pembelajaran Matematika :

Elemen Bilangan : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa :

Elemen Mengalami : Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik mampu menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman dua atau lebih unsur rupa dan satu prinsip desain.

Assalamu'alaikum wr wb...

  Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak Ibu guru hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin .... 

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000

- Peserta didik dapat menentukan perubahan energi

- Peserta didik dapat menggambar prespektif rumah tetangga 

Matematika 


Dalam sub bab ini, siswa diharapkan mampu untuk membandingkan dua bilangan cacah 4 angka.

Untuk membandingkan bilangan empat angka, pertama dibandingkan angka pada nilai tempat ribuan.

Jika angka pada nilai tempat ribuan adalah sama, maka dibandingkan angka pada nilai tempat ratusan.

Jika angka pada nilai tempat ratusan adalah sama, maka  dibandingkan angka pada nilai tempat puluhan.

Jika angka pada nilai tempat puluhan adalah sama, maka dibandingkan angka pada nilai tempat satuan.

Contoh soal:

Bandingkan bilangan berikut dan temukan yang lebih besar!

5.734 dan 4.312? 5.734

5.614 dan 5.368? 5.614

7.124 dan 7.197? 7.197


Tanda (>) menyatakan lebih besar, tanda (<) menyatakan kurang dari, sedangkan tanda (=) menyatakan bahwa nilai dari sama dengan.

Isilah dengan tanda “>”, “<”, atau “=” pada kotak berikut ini!

a. 4.435 > 3.345

b. 9.999 > 9.998

c. 1.001 < 1.002

d. 8.765 = 8.765

e. 4.567 < 5.787

f. 7.654 < 7.777


IPAS


Transformasi energi adalah perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainTransformasi energi terjadi setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang transformasi energi tranformasi energi, yaitu: 

  •  
    • Energi listrik menjadi energi panas 
       
    • Energi listrik menjadi energi gerak 
       
    • Energi gerak menjadi energi bunyi 
       
    • Energi listrik menjadi energi suara 
       
    • Energi gerak menjadi energi panas 
       
    • Energi cahaya menjadi energi kimia 
       
    • Energi kimia menjadi gerak 
       
    • Energi panas menjadi gerak 
  • Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda berdasarkan ketinggian atau posisinya terhadap suatu titik acuan. Energi potensial juga disebut energi diam karena benda yang berada dalam keadaan diam dapat memiliki energi potensial. Ketika benda bergerak, energi potensial berubah menjadi energi kinetik. 

    Ada dua jenis energi potensial. Kedua jenis energi potensial adalah energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis. Energi potensial gravitasi terjadi karena ketinggian benda terhadap suatu bidang datar acuan seperti lantai atau tanah. Sementara itu, energi potensial elastis terdapat pada benda elastis seperti karet, pegas, atau busur panah, yang disebabkan oleh kecenderungan benda untuk kembali ke posisi semula. Sebagai contoh, saat busur panah belum digunakan, energi potensialnya adalah nol. Namun ketika busur panah ditarik, energi potensial elastis terjadi karena kecenderungan anak panah untuk kembali ke posisi semula.

    Contoh energi potensial dalam kehidupan sehari-hari antara lain benda yang jatuh dari ketinggian tertentu ke tanah, tali busur atau ketapel yang ditarik ke belakang, bola yang menggelinding menuruni lereng, balon yang terisi udara, ayunan, trampolin, batu baterai, dan sebagainya.


    • Energi Kinetik 


    • Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani, yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Dari akar kata ini, kita dapat memahami bahwa setiap benda yang sedang bergerak memiliki energi kinetik. Oleh sebab itu, energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda karena geraknya. Misalnya, planet yang bergerak mengelilingi matahari dan bulan yang bergerak mengelilingi bumi memiliki energi kinetik. Kendaraan yang melaju di lintasan lurus, elektron yang bergerak mengelilingi inti atom, serta bola yang menggelinding juga memiliki energi kinetik.

      Energi kinetik benda bergantung pada kecepatan geraknya. Semakin tinggi kecepatan benda bergerak, semakin besar energi kinetik yang dimilikinya. Sebagai contoh, jika sebuah batu jatuh dari gedung tinggi dan dapat memecahkan kaca jendela mobil di bawahnya, energi kinetiknya sangat besar. 

      Seni Rupa  





      simaklah video berikut ini 

       


    • Kesimpulan : alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berlangsung dengan baik peserta didik dapat memahami materi mengurutkan bilangan cacah menggunakan media LKPD gunting tempel yang diberikan guru di kelas. Ada 4 orang siswa tidak hadir sekolah karena sakit 

No comments:

Post a Comment

see you