Monday, November 3, 2025

Materi kelas 4

  Hari / Tanggal : Senin / 3 November 2025

Mata Pelajaran : 

1. Pendidikan Pancasila : Aturan di lingkungan sekitarku

2. Matematika : Pecahan 

3. Seni Rupa: tekstur

4. Bahasa Indonesia : Menyimak

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Ummu Kultsum 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

- CP : Peserta didik memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan sikap patuh pada aturan untuk mewujudkan ketertiban dan kerukunan

- TP : Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal

Materi : 

A. Pengertian Aturan

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama berjalan tertib dan aman.

B. Contoh Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Di Rumah

Bangun pagi dan membantu orang tua.

Tidak menyalakan televisi saat belajar.

Mematikan lampu saat siang hari.

2. Di Sekolah

Datang tepat waktu.

Memakai seragam sesuai jadwal.

Menghormati guru dan teman.

3. Di Masyarakat

Membuang sampah pada tempatnya.

Tidak bermain di jalan raya.

Mengikuti jadwal ronda atau kerja bakti.

C. Manfaat Mematuhi Aturan

Lingkungan menjadi tertib, aman, dan nyaman.

Menghindari perselisihan.

Melatih tanggung jawab dan disiplin.

D. Akibat Melanggar Aturan

Lingkungan menjadi kacau.

Mendapat teguran atau sanksi.

Merugikan diri sendiri dan orang lain.

Bahasa Indonesia
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

- TP : Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

Materi: 

A. Pengertian Menyimak

Menyimak adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi atau pesan dari teks yang dibacakan.

B. Tujuan Menyimak

Memahami isi teks.
Menemukan gagasan pokok dan informasi penting.
Menikmati cerita atau pesan.

C. Cara Menyimak yang Baik

1. Duduk dengan posisi nyaman dan rapi.
2. Fokus pada pembaca, tidak berbicara sendiri.
3. Mencatat kata kunci atau informasi penting.
4. Mengajukan pertanyaan setelah teks selesai.

D. Jenis Teks yang Bisa Disimak
Cerita rakyat
Pengumuman
Berita sederhana
Puisi atau pantun

E. Contoh Teks Pendek
(Guru dapat menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di Kampung Bersih”)

4. Matematika
CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

- TP : Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian faktor dan kelipatan suatu bilangan.

2. Menentukan faktor dari suatu bilangan dengan benar.

3. Menentukan kelipatan dari suatu bilangan dengan benar.

4. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor dan kelipatan.

5. Menunjukkan sikap teliti, logis, dan semangat bekerja sama saat memecahkan soal.

🧩 A. PENGERTIAN FAKTOR

Faktor dari suatu bilangan adalah bilangan yang dapat membagi habis bilangan tersebut.

Contoh:

Faktor dari 12 adalah bilangan yang membagi 12 tanpa sisa.

➡️ 1, 2, 3, 4, 6, 12

Jadi, faktor dari 12 = {1, 2, 3, 4, 6, 12}

Cara mencari faktor:

1. Mulai dari 1.

2. Coba bagi dengan bilangan berturut-turut sampai hasilnya habis (tanpa sisa).

3. Catat semua pembagian

🔢 B. PENGERTIAN KELIPATAN

Kelipatan dari suatu bilangan adalah hasil perkalian bilangan itu dengan bilangan asli (1, 2, 3, 4, …).

Contoh:

Kelipatan dari 5 adalah:

➡️ 5 × 1 = 5

➡️ 5 × 2 = 10

➡️ 5 × 3 = 15

➡️ 5 × 4 = 20

➡️ dan seterusnya

Jadi, kelipatan dari 5 = {5, 10, 15, 20, 25, 30, …}

Bahasa Indonesia
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

- TP : Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

Materi: 

A. Pengertian Menyimak

Menyimak adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi atau pesan dari teks yang dibacakan.

B. Tujuan Menyimak

Memahami isi teks.
Menemukan gagasan pokok dan informasi penting.
Menikmati cerita atau pesan.

C. Cara Menyimak yang Baik

1. Duduk dengan posisi nyaman dan rapi.
2. Fokus pada pembaca, tidak berbicara sendiri.
3. Mencatat kata kunci atau informasi penting.
4. Mengajukan pertanyaan setelah teks selesai.

D. Jenis Teks yang Bisa Disimak
Cerita rakyat
Pengumuman
Berita sederhana
Puisi atau pantun

E. Contoh Teks Pendek
(Guru dapat menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di Kampung Bersih”)

4. Matematika
CP :  Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

- TP : Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol 

Materi : 
A. Pengertian Pembagian

Pembagian adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian sama besar atau proses mengulang pengurangan dengan bilangan yang sama.

Contoh:

12 ÷ 3 artinya 12 dibagi menjadi 3 kelompok sama besar, hasilnya 4.

12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 → dilakukan pengurangan 3 sebanyak 4 kali.

B. Hubungan Perkalian dan Pembagian

Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian.
Contoh: 4 × 3 = 12 → 12 ÷ 3 = 4 dan 12 ÷ 4 = 3.

C. Cara Menghitung Pembagian

1. Dengan Benda Konkret
Misal: 20 kelereng dibagi 4 anak, setiap anak mendapat 5 kelereng.

2. Dengan Garis Bilangan / Pengurangan Berulang
15 ÷ 5 → kurangi 15 dengan 5 berulang kali (15–5–5–5).

3. Dengan Tabel Perkalian
Cari bilangan yang jika dikalikan menghasilkan bilangan yang dibagi.

D. Contoh Soal

24 ÷ 6 = …

35 ÷ 5 = …

48 ÷ 8 = …


E. Soal Cerita

Siti memiliki 36 permen yang akan dibagikan kepada 9 temannya secara merata. Berapa permen yang diterima setiap tema

Seni Rupa : Mengetahui teknik pembuatan tekstur 

CP Seni Rupa :

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

TP : Siswa dapat Mengetahui teknik pembuatan tekstur 

Seni Rupa
https://youtube.com/shorts/gY8XuYTpTpk?si=5QbCH5bfUwZ6FWZ9

Atau klik disini untuk melihat video : https://youtube.com/shorts/gY8XuYTpTpk?si=5QbCH5bfUwZ6FWZ9

*Pengertian Tekstur*
Tekstur adalah kesan atau rasa yang dapat dirasakan pada permukaan suatu benda atau karya seni. Tekstur dapat dibuat dengan berbagai teknik untuk menciptakan kesan yang berbeda-beda.

*Teknik Pembuatan Tekstur*
1. *Teknik Gosok*: Menggunakan alat seperti pensil, crayon, atau pastel untuk menciptakan tekstur dengan cara menggosok permukaan kertas.
2. *Teknik Semprot*: Menggunakan cat semprot atau alat lainnya untuk menciptakan tekstur yang kasar atau halus.
3. *Teknik Tempel*: Menggunakan bahan seperti kertas, kain, atau benda lainnya untuk menciptakan tekstur dengan cara menempelkannya pada permukaan karya seni.
4. *Teknik Pahat*: Menggunakan alat pahat untuk menciptakan tekstur pada bahan seperti kayu atau batu.
5. *Teknik Cetak*: Menggunakan teknik cetak untuk menciptakan tekstur pada permukaan kertas atau kain.

*Contoh Pembuatan Tekstur*
1. Membuat tekstur kasar dengan menggunakan crayon dan teknik gosok.
2. Membuat tekstur halus dengan menggunakan cat air dan teknik semprot.
3. Membuat tekstur timbul dengan menggunakan teknik tempel dan bahan seperti kertas atau kain.

*Aktivitas Pembelajaran*
1. Siswa dapat membuat karya seni dengan menggunakan teknik pembuatan tekstur yang berbeda-beda.
2. Siswa dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan tekstur yang ada pada karya seni.
3. Siswa dapat membuat karya seni dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk menciptakan tekstur yang unik.

Dengan memahami teknik pembuatan tekstur, siswa dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan seni rupa mereka.

No comments:

Post a Comment

see you