HARI/TANGGAL : SENIN, 1 DESEMBER 2025
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Ummu Kultsum😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
A. Membaca dan memirsa
1. TEKS SASTRA DAN NONSASTRA
a. Teks Sastra
Pengertian: Teks sastra adalah karya tulis yang mengandung unsur keindahan bahasa dan imajinasi pengarang.
Jenis-jenis Teks Sastra:
- Dongeng: Cerita khayalan yang diturunkan secara turun-temurun
- Fabel: Cerita tentang binatang yang berperilaku seperti manusia
- Cerita Rakyat: Cerita yang berasal dari suatu daerah tertentu
Unsur-unsur Teks Sastra:
-
Tokoh: Pelaku dalam cerita
- Tokoh utama: pelaku yang paling sering muncul
- Tokoh tambahan: pelaku yang jarang muncul
-
Sifat Tokoh:
- Baik: jujur, rajin, dermawan, pemberani
- Buruk: pemalas, sombong, penipu, penakut
-
Latar: Tempat, waktu, dan suasana terjadinya cerita
-
Alur: Jalan cerita (awal-tengah-akhir)
-
Pesan Moral: Nilai-nilai baik yang dapat dipetik dari cerita
b. Teks Nonsastra
Pengertian: Teks nonsastra adalah teks yang berisi fakta dan informasi nyata.
Contoh Teks Nonsastra:
- Artikel anak
- Teks informatif
- Laporan
- Berita
2. IDE POKOK DAN IDE PENDUKUNG
Ide Pokok
Pengertian: Ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan paragraf.
Ciri-ciri Ide Pokok:
- Berisi inti pembahasan
- Biasanya ada di awal atau akhir paragraf
- Dapat berdiri sendiri
- Bersifat umum
Cara Menemukan Ide Pokok:
- Baca seluruh paragraf dengan cermat
- Cari kalimat yang paling umum
- Kalimat lain harus mendukung kalimat tersebut
Ide Pendukung
Pengertian: Ide pendukung adalah kalimat penjelas yang mendukung ide pokok.
Ciri-ciri Ide Pendukung:
- Menjelaskan ide pokok
- Bersifat khusus
- Berisi detail, contoh, atau fakta
- Tidak dapat berdiri sendiri
Contoh:
Paragraf: "Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan berolahraga, tubuh menjadi sehat dan kuat. Olahraga juga dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu, olahraga membuat pikiran menjadi segar."
- Ide Pokok: Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan
- Ide Pendukung:
- Tubuh menjadi sehat dan kuat
- Mencegah berbagai penyakit
- Membuat pikiran menjadi segar
3. JENIS-JENIS KALIMAT
a. Berdasarkan Isi
-
Kalimat Berita: Memberikan informasi
- Contoh: "Ayah pergi ke kantor setiap pagi."
-
Kalimat Tanya: Menanyakan sesuatu
- Contoh: "Siapa nama ibumu?"
-
Kalimat Perintah: Menyuruh melakukan sesuatu
- Contoh: "Tutuplah pintu dengan rapat!"
-
Kalimat Seru: Mengungkapkan perasaan
- Contoh: "Wah, pemandangan ini sangat indah!"
b. Berdasarkan Objek
-
Kalimat Transitif: Kalimat yang memiliki objek
- Contoh: "Ibu memasak rendang." (objek: rendang)
-
Kalimat Intransitif: Kalimat yang tidak memiliki objek
- Contoh: "Burung berkicau merdu."
4. POLA KALIMAT (SPOK)
Unsur-unsur Kalimat:
-
S (Subjek): Pelaku atau yang diceritakan
- Contoh: Ayah membaca koran
-
P (Predikat): Kegiatan atau perbuatan subjek
- Contoh: Ayah membaca koran
-
O (Objek): Sasaran dari predikat
- Contoh: Ayah membaca koran
-
K (Keterangan): Informasi tambahan (tempat, waktu, cara)
- Contoh: Ayah membaca koran di ruang tamu
Pola-pola Kalimat:
- S-P: Anak-anak bermain
- S-P-O: Kakak membaca buku
- S-P-K: Ayah pergi ke kantor
- S-P-O-K: Ibu memasak sayur di dapur
5. KATA HOMONIM
Pengertian: Kata homonim adalah kata yang memiliki tulisan dan lafal sama tetapi memiliki makna berbeda.
Contoh Kata Homonim:
-
Bisa
- Racun ular = "Bisa ular kobra sangat berbahaya"
- Dapat/mampu = "Andi bisa berenang dengan baik"
-
Bulan
- Satelit bumi = "Bulan bersinar terang di malam hari"
- Waktu (30 hari) = "Liburan sekolah berlangsung satu bulan"
-
Masa
- Waktu = "Masa kecilku sangat menyenangkan"
- Benarkah = "Masa kamu tidak tahu?"
-
Tahu
- Mengerti = "Saya sudah tahu jawabannya"
- Makanan = "Ibu membeli tahu di pasar"
-
Garam
- Bumbu dapur = "Ibu menambahkan garam ke dalam masakan"
- Marah (bahasa gaul) = "Jangan garam ya!"
6. IMBUHAN (AFIKS)
a. Imbuhan ME-
Fungsi:
- Membentuk kata kerja
- Menunjukkan kegiatan aktif
Aturan Penulisan:
-
ME- + kata dasar berawalan: l, m, n, r, w, y
- Contoh: me + lihat = melihat
-
MEM- + kata dasar berawalan: b, p, f
- Contoh: mem + baca = membaca
- Contoh: mem + pukul = memukul (p luluh)
-
MEN- + kata dasar berawalan: d, t, c, j
- Contoh: men + dengar = mendengar
- Contoh: men + tulis = menulis (t luluh)
-
MENG- + kata dasar berawalan: vokal, g, h, k
- Contoh: meng + ambil = mengambil
- Contoh: meng + gambar = menggambar
- Contoh: meng + hapus = menghapus
- Contoh: meng + kirim = mengirim (k luluh)
-
MENY- + kata dasar berawalan: s
- Contoh: meny + sapu = menyapu (s luluh)
Contoh Kalimat:
- Kakak menulis surat
- Ibu memasak di dapur
- Ayah membaca koran
- Adik menyapu halaman
b. Imbuhan BER-
Fungsi:
- Membentuk kata kerja
- Menunjukkan memiliki, melakukan, atau dalam keadaan
Aturan Penulisan:
-
BER- + kata dasar
- Contoh: ber + main = bermain
- Contoh: ber + jalan = berjalan
-
BEL- + kata dasar berawalan: ajar
- Contoh: bel + ajar = belajar
Contoh Kalimat:
- Anak-anak bermain bola
- Kami belajar di kelas
- Ayah bekerja di kantor
- Burung berkicau merdu
7. KALIMAT MAJEMUK
Kalimat Majemuk Setara
Pengertian: Kalimat yang terdiri dari dua kalimat tunggal atau lebih yang memiliki kedudukan setara.
Jenis-jenis:
-
Majemuk Setara Gabungan
- Konjungsi: dan
- Contoh: "Ibu pergi ke pasar dan membeli sayuran"
-
Majemuk Setara Memilih
- Konjungsi: atau
- Contoh: "Andi akan bermain bola atau bermain basket"
-
Majemuk Setara Bertentangan
- Konjungsi: tetapi, namun, padahal
- Contoh: "Rina rajin belajar tetapi nilainya belum memuaskan"
-
Majemuk Setara Sebab-Akibat
- Konjungsi: sehingga, maka
- Contoh: "Andi rajin belajar sehingga prestasinya sangat baik"
8. KONJUNGSI (KATA PENGHUBUNG)
a. Konjungsi Intrakalimat
Pengertian: Kata penghubung yang menghubungkan kata dengan kata atau frasa dengan frasa dalam satu kalimat.
Jenis-jenis:
- dan: menambah
- atau: memilih
- tetapi: pertentangan
- serta: menambah
Contoh:
- "Adik membaca buku dan menggambar"
- "Kamu mau teh atau kopi?"
b. Konjungsi Antarkalimat
Pengertian: Kata penghubung yang menghubungkan kalimat satu dengan kalimat lainnya.
Jenis-jenis:
- Oleh karena itu: menyatakan akibat
- Namun: menyatakan pertentangan
- Selain itu: menambahkan
- Kemudian: menyatakan urutan
Contoh:
- "Hujan turun deras. Oleh karena itu, kami tidak jadi bermain."
9. MEMBACA DENAH
Pengertian: Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat.
Arah Mata Angin:
UTARA
↑
BARAT ← ⊕ → TIMUR
↓
SELATAN
Cara Membaca Denah:
- Tentukan titik awal
- Lihat arah yang dituju
- Perhatikan petunjuk jalan
- Ikuti rute yang benar
Kata-kata Penunjuk Arah:
- Ke utara
- Ke selatan
- Ke timur
- Ke barat
- Lurus
- Belok kanan/kiri
- Sebelah kanan/kiri
- Di depan/belakang
10. JENIS-JENIS KALIMAT BERDASARKAN FUNGSI
a. Kalimat Deskripsi
Pengertian: Kalimat yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu.
Ciri-ciri:
- Menggambarkan objek secara detail
- Menggunakan panca indera
- Bersifat objektif
Contoh:
- "Pantai Kuta memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang indah"
- "Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 meter"
b. Kalimat Argumentasi
Pengertian: Kalimat yang berisi pendapat atau alasan.
Ciri-ciri:
- Berisi pendapat
- Ada alasan
- Bersifat subjektif
Contoh:
- "Menurut saya, film itu sangat menarik"
- "Pendidikan sangat penting untuk masa depan"
c. Kalimat Persuasif
Pengertian: Kalimat yang berisi ajakan atau bujukan.
Ciri-ciri:
- Mengajak/membujuk
- Menggunakan kata: ayo, mari, sebaiknya
- Bertujuan memengaruhi
Contoh:
- "Ayo kita budayakan membaca buku sejak dini"
- "Marilah kita menjaga kebersihan lingkungan"
11. KATA BAKU DAN TIDAK BAKU
Kata Baku
Pengertian: Kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar dan terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Ciri-ciri:
- Sesuai EYD
- Ada dalam KBBI
- Digunakan dalam situasi resmi
Kata Tidak Baku
Pengertian: Kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Daftar Kata Baku dan Tidak Baku:
| Kata Baku | Kata Tidak Baku |
|---|---|
| praktik | praktek |
| nasihat | nasehat |
| standar | standart |
| sistem | sistim |
| atlet | atlit |
| aktivitas | aktifitas |
| apotek | apotik |
| analisis | analisa |
| bus | bis |
| cabai | cabe |
| diagnosis | diagnosa |
| ekstrem | ekstrim |
| February | Pebruari |
| hierarki | hirarki |
| izin | ijin |
| justru | justeru |
| karier | karir |
| khawatir | kuatir |
| komplet | komplit |
| konkret | kongkrit |
12. KALIMAT EFEKTIF
Pengertian: Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menyampaikan gagasan dengan tepat, jelas, dan mudah dipahami.
Ciri-ciri Kalimat Efektif:
- Hemat (tidak boros kata)
- Jelas (mudah dipahami)
- Logis (masuk akal)
- Sesuai EYD
- Memiliki unsur yang lengkap
Contoh Kalimat Tidak Efektif dan Perbaikannya:
| Tidak Efektif | Efektif |
|---|---|
| Bagi saya pribadi tidak setuju | Saya tidak setuju |
| Dia sangat amat rajin sekali | Dia sangat rajin |
| Para hadirin semuanya hadir | Para hadirin hadir |
| Naik ke atas | Naik |
| Turun ke bawah | Turun |
| Kembali lagi | Kembali |
| Sejak dari dulu | Sejak dulu |
13. TEKS INFORMATIF
Pengertian: Teks yang berisi informasi atau pengetahuan tentang suatu hal.
Ciri-ciri Teks Informatif:
- Berisi fakta dan data
- Menggunakan bahasa baku
- Bertujuan memberi informasi
- Objektif (tidak memihak)
- Sistematis
Contoh Teks Informatif:
"Air adalah kebutuhan penting bagi kehidupan. Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Setiap hari, kita membutuhkan minimal 8 gelas air. Air berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh."
14. WAWANCARA
Pengertian: Wawancara adalah kegiatan tanya jawab dengan seseorang (narasumber) untuk memperoleh informasi.
Hal yang Dilakukan Sebelum Wawancara:
- Menentukan narasumber
- Membuat daftar pertanyaan
- Menyiapkan alat tulis/perekam
- Membuat janji dengan narasumber
- Mempelajari topik yang akan ditanyakan
Hal yang Dilakukan Saat Wawancara:
- Mengucapkan salam dan memperkenalkan diri
- Menggunakan bahasa yang sopan dan jelas
- Mendengarkan jawaban dengan baik
- Mencatat hal-hal penting
- Mengucapkan terima kasih
Isi Laporan Hasil Wawancara:
- Identitas narasumber (nama, pekerjaan)
- Waktu dan tempat wawancara
- Topik wawancara
- Hasil wawancara (tanya jawab)
- Kesimpulan
Yang TIDAK termasuk laporan wawancara:
- Biodata pewawancara lengkap dengan foto keluarga
- Hobi narasumber (jika tidak relevan)
- Alamat lengkap pewawancara
15. MAKNA KATA
Makna Denotatif
Pengertian: Makna sebenarnya/harfiah dari suatu kata.
Contoh:
- "Bunga mawar berwarna merah" (bunga = tumbuhan)
- "Kepala sekolah sedang rapat" (kepala = bagian tubuh)
Makna Konotatif
Pengertian: Makna kiasan atau makna yang berbeda dari makna sebenarnya.
Contoh:
- "Bunga desa" (bunga = gadis cantik)
- "Kepala dingin" (kepala = pikiran yang tenang)
16. KALIMAT FIKSI DAN FAKTA
Kalimat Fiksi
Pengertian: Kalimat yang berisi hal-hal khayalan atau tidak nyata.
Contoh:
- "Kancil berbicara dengan buaya di sungai"
- "Penyihir mengubah kuda menjadi kereta"
Kalimat Fakta
Pengertian: Kalimat yang berisi hal-hal nyata dan dapat dibuktikan.
Contoh:
- "Indonesia adalah negara kepulauan"
- "Matahari terbit dari timur"
B. TIPS BELAJAR
1. Cara Mengidentifikasi Ide Pokok:
- Baca paragraf secara keseluruhan
- Cari kalimat yang paling umum
- Kalimat lain harus menjelaskan kalimat tersebut
2. Cara Menentukan Pola Kalimat:
- Cari siapa yang melakukan (S)
- Cari apa yang dilakukan (P)
- Cari sasaran perbuatan (O)
- Cari informasi tambahan (K)
3. Cara Menggunakan Imbuhan:
- Perhatikan huruf awal kata dasar
- Ikuti aturan peluluhan huruf
- Latihan dengan banyak contoh
4. Cara Membedakan Kalimat:
- Perhatikan fungsi kalimat
- Lihat kata penghubung yang digunakan
- Pahami maksud kalimat
C. LATIHAN MANDIRI
Latihan 1: Ide Pokok
Bacalah paragraf berikut dan tentukan ide pokoknya!
"Perpustakaan adalah tempat yang sangat penting di sekolah. Di perpustakaan, siswa dapat membaca berbagai buku. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar. Banyak siswa yang memanfaatkan perpustakaan untuk mengerjakan tugas."
Jawaban: Perpustakaan adalah tempat yang sangat penting di sekolah
Latihan 2: Pola Kalimat
Tentukan pola kalimat berikut! "Kakak membeli buku di toko"
Jawaban: S-P-O-K
- S: Kakak
- P: membeli
- O: buku
- K: di toko
Latihan 3: Kata Homonim
Buatlah 2 kalimat dengan kata "bulan"!
Jawaban:
- Bulan purnama sangat indah (bulan = satelit)
- Kakak akan menikah bulan depan (bulan = waktu


No comments:
Post a Comment
see you