Monday, December 1, 2025

Kisi kisi pancasila

Hari/Tanggal : Selasa, 2 Desember 2025

Mata Pelajaran : Pendidikan pancasila 

Pendidikan Pancasila

- CP : Peserta didik memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan sikap patuh pada aturan untuk mewujudkan ketertiban dan kerukunan

- TP : Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal

https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=AmNT318j1ceXOSgf

https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=AmNT318j1ceXOSgf

Materi : 

A. Pengertian Aturan

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama berjalan tertib dan aman.

B. Contoh Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Di Rumah

Bangun pagi dan membantu orang tua.

Tidak menyalakan televisi saat belajar.

Mematikan lampu saat siang hari.

2. Di Sekolah

Datang tepat waktu.

Memakai seragam sesuai jadwal.

Menghormati guru dan teman.

3. Di Masyarakat

Membuang sampah pada tempatnya.

Tidak bermain di jalan raya.

Mengikuti jadwal ronda atau kerja bakti.

C. Manfaat Mematuhi Aturan

Lingkungan menjadi tertib, aman, dan nyaman.

Menghindari perselisihan.

Melatih tanggung jawab dan disiplin.

D. Akibat Melanggar Aturan

Lingkungan menjadi kacau.

Mendapat teguran atau sanksi.

Merugikan diri sendiri dan orang lain.


BAB 1 – Mengenal Lingkungan Sekitar

1. Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal

Setiap orang memiliki identitas diri, seperti:

Nama

Jenis kelamin

Suku bangsa

Bahasa

Agama atau kepercayaan

Budaya atau kebiasaan

Identitas juga terdapat dalam keluarga dan masyarakat.
Perbedaan identitas adalah hal yang wajar dan harus dihargai.

Contoh sikap:

Menghormati teman yang berbeda agama

Menggunakan bahasa yang sopan

Tidak mengejek budaya atau kebiasaan orang lain

✅ Identitas masyarakat menunjukkan keanekaragaman Indonesia.

2. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat

Masyarakat di lingkungan tempat tinggal (desa/kelurahan dan kecamatan) memiliki perbedaan:

Suku

Bahasa daerah

Agama

Tradisi dan adat istiadat

Walaupun berbeda, semua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sikap yang harus dilakukan:

Toleransi

Gotong royong

Hidup rukun

Tidak membeda-bedakan teman

✅ Perbedaan menunjukkan kekayaan budaya bangsa.

3. Perangkat Desa dan Kelurahan

Perangkat desa dan kelurahan adalah orang-orang yang membantu kepala desa atau lurah dalam menjalankan pemerintahan.

Contoh perangkat desa:

Kepala desa

Sekretaris desa

Kepala dusun

Ketua RT dan RW

Contoh perangkat kelurahan:

Lurah

Sekretaris kelurahan

Kasi pemerintahan

RT dan RW

Peran perangkat desa/kelurahan:

Melayani masyarakat

Menjaga ketertiban

Mengurus administrasi

Mengembangkan lingkungan

4. Menjelajah Lingkungan Tempat Tinggalku

Lingkungan tempat tinggal meliputi:

Rumah

Desa atau kelurahan

Kecamata

Lingkungan tersebut merupakan bagian dari wilayah NKRI.

Contoh fasilitas di lingkungan:

Sekolah

Tempat ibadah

Pasar

Kantor desa/kelurahan

Jalan dan taman

Kewajiban warga:

Menjaga kebersihan

Menjaga kerukunan

Mematuhi aturan lingkungan

BAB 2 – Aku Anak Disiplin

1. Aturan di Lingkungan Sekitar

Aturan adalah kesepakatan yang dibuat untuk menciptakan ketertiban dan keamanan.

Aturan ada di:

Rumah

Sekolah

Lingkungan masyarakat

Contoh aturan:

Datang ke sekolah tepat waktu

Membuang sampah pada tempatnya

Menggunakan fasilitas umum dengan baik

✅ Aturan harus dipatuhi bersama.

2. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat

Di lingkungan masyarakat terdapat perbedaan:

Suku
Agama
Bahasa
Kebiasaan

Contoh sikap disiplin dan menghargai perbedaan:

Tidak memaksakan pendapat

Bersikap sopan saat berbicara

Menghargai tradisi orang lain

✅ Menghargai perbedaan memperkuat persatuan.

3. Mendapatkan Hak dan Melaksanakan Kewajiban

Hak adalah sesuatu yang kita terima.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

Contoh hak siswa:

Hak belajar

Hak menggunakan fasilitas sekolah

Hak mendapatkan perlindungan

Contoh kewajiban siswa:

Belajar dengan sungguh-sungguh

Menaati tata tertib sekolah

Menghormati guru dan teman

No comments:

Post a Comment

see you