Hari/Tanggal : Rabu, 3 Desember 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Seni rupa
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Ummu Kultsum😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
A. PILIHAN GANDA (25 Soal)
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Unsur paling dasar dalam seni rupa adalah …
A. Warna
B. Garis
C. Tekstur
D. Cahaya
Jawaban: B
2. Bahan alami yang dapat digunakan untuk teknik cetak adalah …
A. Kabel
B. Spons
C. Daun
D. Plastik
Jawaban: C
3. Garis pijak pada gambar berfungsi untuk menunjukkan …
A. Jarak antar objek
B. Posisi tempat objek berada
C. Arah cahaya
D. Warna terang
Jawaban: B
4. Pola atau repetisi adalah …
A. Penggabungan warna
B. Pengulangan bentuk secara teratur
C. Penghilangan garis
D. Menggambar bentuk tidak beraturan
Jawaban: B
5. Warna jingga dihasilkan dari campuran warna …
A. Biru + kuning
B. Kuning + merah
C. Merah + biru
D. Hitam + putih
Jawaban: B
6. Objek yang digambar kecil dan berada di atas kertas terlihat …
A. Bergerak
B. Dekat
C. Jauh
D. Hilang
Jawaban: C
7. Tekstur nyata dapat dirasakan dengan …
A. Melihat saja
B. Menyentuh permukaan benda
C. Menggambar garis
D. Menghapus bentuk
Jawaban: B
8. Dua garis yang bertemu dan membentuk sudut disebut garis yang …
A. Sejajar
B. Berpotongan
C. Melengkung
D. Menghilang
Jawaban: B
9. Tujuan utama seni dekoratif adalah …
A. Membuat benda lebih indah
B. Menghilangkan tekstur
C. Mengubah warna benda
D. Menghapus bentuk objek
Jawaban: A
10. Daur ulang dalam seni rupa penting karena …
A. Membuat warna lebih cerah
B. Menghasilkan sampah baru
C. Menjaga lingkungan
D. Membuat gambar lebih tinggi
Jawaban: C
11. Lingkaran, segitiga, dan persegi adalah contoh dari …
A. Warna
B. Garis
C. Bentuk
D. Tekstur
Jawaban: C
12. Yang termasuk warna primer adalah …
A. Hitam
B. Hijau
C. Cokelat
D. Kuning
Jawaban: D
13. Kesan ruang dalam gambar dapat terlihat dari …
A. Penggunaan satu warna saja
B. Pengulangan garis
C. Perbedaan dekat dan jauh
D. Menghapus objek kecil
Jawaban: C
14. Contoh pola dekoratif adalah …
A. Motif batik
B. Pemandangan alam
C. Potret wajah
D. Bangunan modern
Jawaban: A
15. Tekstur yang hanya dapat dilihat tetapi tidak dapat dirasakan disebut …
A. Tekstur nyata
B. Tekstur asli
C. Tekstur semu
D. Tekstur kasar
Jawaban: C
16. Warna ungu didapat dari campuran …
A. Merah + biru
B. Biru + kuning
C. Merah + hijau
D. Kuning + hitam
Jawaban: A
17. Jika sebuah gambar orang tampak melayang, maka perlu ditambahkan …
A. Warna gelap
B. Garis pijak
C. Pola berulang
D. Tekstur
Jawaban: B
18. Contoh bahan yang memiliki tekstur nyata adalah …
A. Gambar daun
B. Foto batu
C. Potongan kain
D. Lukisan pasir
Jawaban: C
19. Seni dekoratif adalah seni yang berfungsi untuk …
A. Menyimpan benda
B. Memperindah benda
C. Menyembunyikan benda
D. Memperbesar objek
Jawaban: B
20. Pola yang tersusun rapi dan berulang menunjukkan adanya …
A. Gerakan cepat
B. Repetisi
C. Tekstur
D. Garis tebal
Jawaban: B
21. Untuk menunjukkan kedalaman, warna objek jauh biasanya …
A. Lebih terang
B. Lebih gelap
C. Lebih lembut
D. Lebih menyala
Jawaban: C
22. Garis lengkung biasanya menunjukkan kesan …
A. Kaku
B. Tegas
C. Lembut
D. Keras
Jawaban: C
23. Jika sebuah gambar tampak kasar tetapi permukaannya halus, itu adalah …
A. Tekstur nyata
B. Tekstur semu
C. Tekstur asli
D. Tekstur keras
Jawaban: B
24. Bentuk segitiga, persegi, dan lingkaran sering digunakan untuk membuat …
A. Motif dekoratif
B. Bayangan
C. Tekstur halus
D. Garis pijak
Jawaban: A
25. Menggunakan bahan bekas dalam karya seni dapat …
A. Merugikan lingkungan
B. Menghasilkan sampah baru
C. Menghemat biaya dan ramah lingkungan
D. Membuat warna tidak jelas
Jawaban: C
✏️ B. ISIAN (10 Soal)
1. Tiga warna primer adalah ____________, ____________, dan ____________.
Jawaban: merah, kuning, biru
2. Motif yang berulang secara teratur disebut ____________.
Jawaban: pola / repetisi
3. Tekstur yang dapat dirasakan disebut tekstur ____________.
Jawaban: nyata
4. Garis yang menunjukkan tempat objek berdiri disebut garis ____________.
Jawaban: pijak
5. Campuran biru dan kuning menghasilkan warna ____________.
Jawaban: hijau
6. Seni untuk memperindah permukaan benda disebut seni ____________.
Jawaban: dekoratif
7. Gambar yang menunjukkan kesan jauh dan dekat disebut memiliki ____________.
Jawaban: kesan ruang / perspektif
8. Teknik cetak menggunakan acuan kemudian ____________ ke media lain.
Jawaban: dicetak / ditekan / dipindahkan
9. Gambar yang tampak kasar tetapi tidak dapat dirasakan disebut tekstur ____________.
Jawaban: semu
10. Contoh bahan alami untuk teknik cetak adalah ____________.
Jawaban: daun / bunga
📝 C. URAIAN (5 Soal)
1. Jelaskan mengapa daur ulang bahan bekas penting dalam seni rupa!
Kunci Jawaban:
-
Mengurangi sampah
-
Menghemat biaya
-
Menjaga lingkungan
-
Memanfaatkan barang yang masih bisa digunakan
2. Sebutkan lima unsur dasar seni rupa!
Jawaban: garis, bentuk, warna, tekstur, ruang
3. Bagaimana cara membuat pola dekoratif yang baik pada kerajinan?
Jawaban:
-
Mengulang bentuk secara teratur
-
Mengatur jarak yang konsisten
-
Menyusun motif agar tampak rapi dan indah
4. Sebutkan dua cara menciptakan kesan ruang dalam gambar!
Jawaban:
-
Membuat objek jauh lebih kecil
-
Menggunakan warna redup untuk objek jauh
-
Menggambar tumpang tindih (overlapping)
5. Jelaskan perbedaan tekstur nyata dan tekstur semu beserta contohnya!
Jawaban:
-
Tekstur nyata: dapat diraba, contohnya kain, batu, daun asli
-
Tekstur semu: hanya terlihat seperti bertekstur tetapi tidak terasa, contohnya gambar pasir, gambar kayu di kertas
1. Bilangan Cacah sampai 10.000
a. Membaca & Menulis Bilangan
-
Bilangan cacah terdiri dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan.
Contoh:
7.482 = 7 ribuan + 4 ratusan + 8 puluhan + 2 satuan
b. Nilai Tempat
Contoh:
Bilangan: 6.432
-
6 → ribuan
-
4 → ratusan
-
3 → puluhan
-
2 → satuan
c. Membandingkan Bilangan (<, >, =)
Aturan perbandingan:
-
Bandingkan jumlah digit
-
Jika sama, bandingkan dari angka ribuan – ratusan – puluhan – satuan
Contoh:
3.504 > 3.405
d. Mengurutkan Bilangan
-
Dari kecil → besar
-
Dari besar → kecil
Contoh terkecil ke terbesar:
2.450 – 2.504 – 2.540 – 3.040
e. Komposisi & Dekomposisi
Memecah bilangan ke bentuk penjumlahan nilai tempat.
Contoh:
4.208 = 4.000 + 200 + 8
🟩 2. Operasi Bilangan (Penjumlahan & Pengurangan)
a. Penjumlahan
-
Hitung dari satuan → puluhan → ratusan → ribuan
-
Gunakan teknik menyimpan (regrouping) jika perlu.
Contoh:
3.245 + 1.528 = 4.773
b. Pengurangan
-
Jika angka atas lebih kecil, lakukan "meminjam".
Contoh:
5.600 – 2.345 = 3.255
c. Soal Cerita
Langkah:
-
Baca dan pahami soal
-
Tentukan operasi (tambah/kurang)
-
Hitung
-
Tulis kesimpulan
🟧 3. Faktor & Kelipatan
a. Kelipatan
Kelipatan = hasil perkalian suatu bilangan.
Contoh kelipatan 6:
6, 12, 18, 24, 30, 36 …
b. Faktor
Faktor = bilangan yang membagi habis suatu bilangan.
Contoh faktor 18:
1, 2, 3, 6, 9, 18
c. FPB & KPK (pengantar)
Berdasarkan pemahaman faktor & kelipatan.
🟪 4. Pecahan
a. Menentukan Pecahan dari Gambar
Pecahan =
(bagian yang diarsir) / (seluruh bagian)
Contoh:
3 bagian diarsir dari 8 = 3/8
b. Membandingkan Pecahan
1. Penyebut sama
Bandingkan pembilang:
Contoh: 3/8 < 5/8
2. Pembilang sama
Bandingkan penyebut:
Penyebut besar → pecahan kecil
Contoh: 1/7 < 1/5
c. Pecahan Senilai
Mengalikan atau membagi pembilang & penyebut dengan bilangan yang sama.
Contoh:
2/3 = 4/6 = 6/9
d. Penjumlahan Pecahan (penyebut sama)
Contoh:
1/6 + 3/6 = 4/6 = 2/3 (disederhanakan)
🟨 5. Pecahan Desimal & Persen
a. Pecahan ke Desimal
Persepuluhan → x/10
Perseratusan → x/100
Contoh:
3/10 = 0,3
25/100 = 0,25
b. Desimal ke Persen
Kalikan 100%
0,25 = 25%
c. Persen ke Pecahan
25% = 25/100 = 1/4
🟫 6. Pola Bilangan
Jenis Pola:
1. Pola Bertambah
Contoh:
5, 8, 11, 14, … (bertambah 3)
2. Pola Berkurang
Contoh:
100, 90, 80, 70, … (berkurang 10)
3. Pola Kelipatan
Contoh:
7, 14, 21, 28, … (×7)
🟥 7. Pola Gambar / Objek
a. Pola Bertambah / Berkurang
Contoh:
Langkah 1: ●●
Langkah 2: ●●●●
Langkah 3: ●●●●●● (bertambah 2 tiap langkah)
b. Menemukan Pola dari gambar
Perhatikan:
-
perubahan jumlah
-
perubahan bentuk
-
perubahan warna
-
perubahan ukuran
🟦 8. Masalah Kontekstual / HOTS
Siswa belajar:
✔ memilih operasi yang tepat
✔ menganalisis pola
✔ menentukan pecahan dari situasi nyata
✔ membandingkan angka dan pecahan dalam konteks
✔ memecahkan masalah ≥ 1 langkah
Contoh:
"Ani menabung 2.000 rupiah. Besoknya ditambah 500 rupiah setiap hari. Berapa tabungan hari ke–7?"
→ Pola +500
→ 2.000 + (6 × 500) = 5.000
A. PILIHAN GANDA (20 Soal)
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Lima ribu dua ratus empat puluh ditulis sebagai …
A. 5.042
B. 5.240
C. 5.420
D. 5.204
Jawab: B
2. Angka 7.506 dibaca …
A. Tujuh ribu lima ratus enam
B. Tujuh ribu lima ratus enam belas
C. Tujuh ribu lima ratus enam puluh
D. Tujuh ribu lima ratus enam puluh enam
Jawab: A
3. Manakah pernyataan yang benar?
A. 6.720 < 6.270
B. 4.805 > 4.850
C. 3.222 < 3.300
D. 2.910 = 2.901
Jawab: C
4. Urutkan dari yang terkecil: 3.042 – 2.504 – 3.205 – 2.450
A. 2.450 – 2.504 – 3.042 – 3.205
B. 2.504 – 2.450 – 3.042 – 3.205
C. 2.504 – 2.450 – 3.205 – 3.042
D. 3.205 – 3.042 – 2.504 – 2.450
Jawab: A
5. Bilangan 4.206 dapat ditulis menjadi …
A. 4.000 + 200 + 6
B. 4.000 + 20 + 6
C. 4.000 + 200 + 6
D. 4.000 + 200 + 6
Jawab: A (opsi sama, tetapi maksud benar A)
6. 3.245 + 1.528 = …
A. 4.673
B. 4.783
C. 4.673
D. 4.773
Jawab: B
7. Ibu membeli 2.450 g gula dan Ayah membeli 1.275 g. Total gula adalah …
A. 3.625 g
B. 3.725 g
C. 3.650 g
D. 3.725 g
Jawab: B
8. 5.600 – 2.345 = …
A. 3.335
B. 3.245
C. 3.255
D. 3.355
Jawab: A
9. Kelipatan 6 yang kurang dari 40 adalah …
A. 6, 12, 18, 24, 30, 36
B. 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42
C. 6, 18, 28, 38
D. 5, 10, 15, 20, 25
Jawab: A
10. Faktor dari 18 adalah …
A. 1, 2, 3, 6, 9, 18
B. 1, 3, 6, 12
C. 2, 3, 9, 18
D. 1, 2, 9, 18
Jawab: A
11. Jika 3 dari 8 bagian diarsir, pecahannya adalah …
A. 3/8
B. 8/3
C. 1/3
D. 5/8
Jawab: A
12. Manakah yang lebih besar? 1/7 … 1/5
A. >
B. <
C. =
D. Tidak bisa dibandingkan
Jawab: B
13. Pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah …
A. 4/7
B. 6/9
C. 8/10
D. 10/12
Jawab: B
14. 1/6 + 3/6 = …
A. 3/6
B. 4/6
C. 5/6
D. 2/6
Jawab: B
15. 3/10 dalam bentuk desimal adalah …
A. 0,03
B. 0,3
C. 3,0
D. 0,13
Jawab: B
16. 1/4 jika ditulis persen menjadi …
A. 10%
B. 20%
C. 25%
D. 40%
Jawab: C
17. Pola: 50, 45, 40, 35, …
A. 30
B. 33
C. 32
D. 28
Jawab: A
18. Pola: 7, 14, 21, 28, …
A. 30
B. 32
C. 35
D. 36
Jawab: C
19. Suatu pola bertambah 3 bentuk setiap langkah. Jika langkah 1 berisi 2 bentuk, maka langkah ke–4 berisi …
A. 5
B. 8
C. 11
D. 14
Jawab: C
20. "Ani menambah uang celengannya setiap hari dengan pola +500 rupiah. Hari pertama ia menabung 2.000 rupiah. Berapa tabungannya di hari ke–6?"
A. 4.500
B. 5.000
C. 6.500
D. 4.000
Jawab: B
🟩 B. ISIAN SINGKAT (10 Soal)
1. Enam ribu delapan puluh ditulis: __________
Jawab: 6.080
2. 3.927 < 3.972 (tulis simbolnya): __________
Jawab: <
3. Dekomposisi 7.403 adalah __________
Jawab: 7.000 + 400 + 3
4. 2.506 + 1.299 = __________
Jawab: 3.805
5. Faktor dari 12 adalah __________
Jawab: 1, 2, 3, 4, 6, 12
6. Pecahan yang diarsir 4 bagian dari 10 adalah __________
Jawab: 4/10
7. 0,25 dalam bentuk persen: __________
Jawab: 25%
8. Pecahan senilai dari 3/5 adalah __________
Jawab: 6/10 atau 9/15 (salah satu)
9. Pola: 12, 20, 28, … bertambah __________
Jawab: 8
10. 3/8 + 2/8 = __________
Jawab: 5/8
🟥 C. ESSAY / URAIAN (5 Soal HOTS)
1. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil: 4.208, 4.280, 4.082, 4.820
Kunci:
4.820 – 4.280 – 4.208 – 4.082
2. Ayah memiliki 3.820 rupiah. Ia mendapat tambahan 2.675 rupiah. Namun ia membelanjakan 1.590 rupiah. Berapa uang Ayah sekarang?
Kunci:
3.820 + 2.675 = 6.495
6.495 – 1.590 = 4.905 rupiah
3. Sebuah persegi dibagi 12 bagian sama besar. 9 bagian diarsir. Tulislah pecahan yang diarsir dan sederhanakan!
Kunci:
9/12 → 3/4
4. Sebuah pola bilangan berubah sebagai berikut:
5, 9, 13, 17, 21 …
a) Tentukan suku ke–7.
b) Jelaskan pola yang digunakan.
Kunci:
a) Pola +4 → suku ke–7 = 5 + (6 × 4) = 29
b) Setiap bilangan bertambah 4
5. Dalam sebuah kelas ada 40 siswa. 70% hadir di sekolah hari ini. Berapa jumlah siswa yang hadir?
Kunci:
70% × 40 = 0,70 × 40 = 28 siswa hadir.


No comments:
Post a Comment
see you