Tuesday, December 2, 2025

Kisi-Kisi Matematika Kelas IV

Hari/Tanggal : Rabu, 3 Desember 2025

Mata Pelajaran : Matematika dan Seni rupa 

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Ummu Kultsum😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

Seni Rupa 

A. PILIHAN GANDA (25 Soal)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Unsur paling dasar dalam seni rupa adalah …

A. Warna
B. Garis
C. Tekstur
D. Cahaya
Jawaban: B

2. Bahan alami yang dapat digunakan untuk teknik cetak adalah …

A. Kabel
B. Spons
C. Daun
D. Plastik
Jawaban: C

3. Garis pijak pada gambar berfungsi untuk menunjukkan …

A. Jarak antar objek
B. Posisi tempat objek berada
C. Arah cahaya
D. Warna terang
Jawaban: B

4. Pola atau repetisi adalah …

A. Penggabungan warna
B. Pengulangan bentuk secara teratur
C. Penghilangan garis
D. Menggambar bentuk tidak beraturan
Jawaban: B

5. Warna jingga dihasilkan dari campuran warna …

A. Biru + kuning
B. Kuning + merah
C. Merah + biru
D. Hitam + putih
Jawaban: B

6. Objek yang digambar kecil dan berada di atas kertas terlihat …

A. Bergerak
B. Dekat
C. Jauh
D. Hilang
Jawaban: C

7. Tekstur nyata dapat dirasakan dengan …

A. Melihat saja
B. Menyentuh permukaan benda
C. Menggambar garis
D. Menghapus bentuk
Jawaban: B

8. Dua garis yang bertemu dan membentuk sudut disebut garis yang …

A. Sejajar
B. Berpotongan
C. Melengkung
D. Menghilang
Jawaban: B

9. Tujuan utama seni dekoratif adalah …

A. Membuat benda lebih indah
B. Menghilangkan tekstur
C. Mengubah warna benda
D. Menghapus bentuk objek
Jawaban: A

10. Daur ulang dalam seni rupa penting karena …

A. Membuat warna lebih cerah
B. Menghasilkan sampah baru
C. Menjaga lingkungan
D. Membuat gambar lebih tinggi
Jawaban: C

11. Lingkaran, segitiga, dan persegi adalah contoh dari …

A. Warna
B. Garis
C. Bentuk
D. Tekstur
Jawaban: C

12. Yang termasuk warna primer adalah …

A. Hitam
B. Hijau
C. Cokelat
D. Kuning
Jawaban: D

13. Kesan ruang dalam gambar dapat terlihat dari …

A. Penggunaan satu warna saja
B. Pengulangan garis
C. Perbedaan dekat dan jauh
D. Menghapus objek kecil
Jawaban: C

14. Contoh pola dekoratif adalah …

A. Motif batik
B. Pemandangan alam
C. Potret wajah
D. Bangunan modern
Jawaban: A

15. Tekstur yang hanya dapat dilihat tetapi tidak dapat dirasakan disebut …

A. Tekstur nyata
B. Tekstur asli
C. Tekstur semu
D. Tekstur kasar
Jawaban: C

16. Warna ungu didapat dari campuran …

A. Merah + biru
B. Biru + kuning
C. Merah + hijau
D. Kuning + hitam
Jawaban: A

17. Jika sebuah gambar orang tampak melayang, maka perlu ditambahkan …

A. Warna gelap
B. Garis pijak
C. Pola berulang
D. Tekstur
Jawaban: B

18. Contoh bahan yang memiliki tekstur nyata adalah …

A. Gambar daun
B. Foto batu
C. Potongan kain
D. Lukisan pasir
Jawaban: C

19. Seni dekoratif adalah seni yang berfungsi untuk …

A. Menyimpan benda
B. Memperindah benda
C. Menyembunyikan benda
D. Memperbesar objek
Jawaban: B

20. Pola yang tersusun rapi dan berulang menunjukkan adanya …

A. Gerakan cepat
B. Repetisi
C. Tekstur
D. Garis tebal
Jawaban: B

21. Untuk menunjukkan kedalaman, warna objek jauh biasanya …

A. Lebih terang
B. Lebih gelap
C. Lebih lembut
D. Lebih menyala
Jawaban: C

22. Garis lengkung biasanya menunjukkan kesan …

A. Kaku
B. Tegas
C. Lembut
D. Keras
Jawaban: C

23. Jika sebuah gambar tampak kasar tetapi permukaannya halus, itu adalah …

A. Tekstur nyata
B. Tekstur semu
C. Tekstur asli
D. Tekstur keras
Jawaban: B

24. Bentuk segitiga, persegi, dan lingkaran sering digunakan untuk membuat …

A. Motif dekoratif
B. Bayangan
C. Tekstur halus
D. Garis pijak
Jawaban: A

25. Menggunakan bahan bekas dalam karya seni dapat …

A. Merugikan lingkungan
B. Menghasilkan sampah baru
C. Menghemat biaya dan ramah lingkungan
D. Membuat warna tidak jelas
Jawaban: C


✏️ B. ISIAN (10 Soal)

1. Tiga warna primer adalah ____________, ____________, dan ____________.

Jawaban: merah, kuning, biru

2. Motif yang berulang secara teratur disebut ____________.

Jawaban: pola / repetisi

3. Tekstur yang dapat dirasakan disebut tekstur ____________.

Jawaban: nyata

4. Garis yang menunjukkan tempat objek berdiri disebut garis ____________.

Jawaban: pijak

5. Campuran biru dan kuning menghasilkan warna ____________.

Jawaban: hijau

6. Seni untuk memperindah permukaan benda disebut seni ____________.

Jawaban: dekoratif

7. Gambar yang menunjukkan kesan jauh dan dekat disebut memiliki ____________.

Jawaban: kesan ruang / perspektif

8. Teknik cetak menggunakan acuan kemudian ____________ ke media lain.

Jawaban: dicetak / ditekan / dipindahkan

9. Gambar yang tampak kasar tetapi tidak dapat dirasakan disebut tekstur ____________.

Jawaban: semu

10. Contoh bahan alami untuk teknik cetak adalah ____________.

Jawaban: daun / bunga

📝 C. URAIAN (5 Soal)

1. Jelaskan mengapa daur ulang bahan bekas penting dalam seni rupa!

Kunci Jawaban:

  • Mengurangi sampah

  • Menghemat biaya

  • Menjaga lingkungan

  • Memanfaatkan barang yang masih bisa digunakan

2. Sebutkan lima unsur dasar seni rupa!

Jawaban: garis, bentuk, warna, tekstur, ruang

3. Bagaimana cara membuat pola dekoratif yang baik pada kerajinan?

Jawaban:

  • Mengulang bentuk secara teratur

  • Mengatur jarak yang konsisten

  • Menyusun motif agar tampak rapi dan indah

4. Sebutkan dua cara menciptakan kesan ruang dalam gambar!

Jawaban:

  • Membuat objek jauh lebih kecil

  • Menggunakan warna redup untuk objek jauh

  • Menggambar tumpang tindih (overlapping)

5. Jelaskan perbedaan tekstur nyata dan tekstur semu beserta contohnya!

Jawaban:

  • Tekstur nyata: dapat diraba, contohnya kain, batu, daun asli

  • Tekstur semu: hanya terlihat seperti bertekstur tetapi tidak terasa, contohnya gambar pasir, gambar kayu di kertas

Matematika 

1. Bilangan Cacah sampai 10.000
a. Membaca & Menulis Bilangan

  • Bilangan cacah terdiri dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan.
    Contoh:
    7.482 = 7 ribuan + 4 ratusan + 8 puluhan + 2 satuan

b. Nilai Tempat

Contoh:
Bilangan: 6.432

  • 6 → ribuan

  • 4 → ratusan

  • 3 → puluhan

  • 2 → satuan

c. Membandingkan Bilangan (<, >, =)

Aturan perbandingan:

  1. Bandingkan jumlah digit

  2. Jika sama, bandingkan dari angka ribuan – ratusan – puluhan – satuan

Contoh:
3.504 > 3.405

d. Mengurutkan Bilangan

  • Dari kecil → besar

  • Dari besar → kecil

Contoh terkecil ke terbesar:
2.450 – 2.504 – 2.540 – 3.040

e. Komposisi & Dekomposisi

Memecah bilangan ke bentuk penjumlahan nilai tempat.

Contoh:
4.208 = 4.000 + 200 + 8


🟩 2. Operasi Bilangan (Penjumlahan & Pengurangan)
a. Penjumlahan

  • Hitung dari satuan → puluhan → ratusan → ribuan

  • Gunakan teknik menyimpan (regrouping) jika perlu.

Contoh:
3.245 + 1.528 = 4.773

b. Pengurangan

  • Jika angka atas lebih kecil, lakukan "meminjam".

Contoh:
5.600 – 2.345 = 3.255

c. Soal Cerita

Langkah:

  1. Baca dan pahami soal

  2. Tentukan operasi (tambah/kurang)

  3. Hitung

  4. Tulis kesimpulan


🟧 3. Faktor & Kelipatan

a. Kelipatan

Kelipatan = hasil perkalian suatu bilangan.
Contoh kelipatan 6:
6, 12, 18, 24, 30, 36 …

b. Faktor

Faktor = bilangan yang membagi habis suatu bilangan.
Contoh faktor 18:
1, 2, 3, 6, 9, 18

c. FPB & KPK (pengantar)

Berdasarkan pemahaman faktor & kelipatan.


🟪 4. Pecahan

a. Menentukan Pecahan dari Gambar

Pecahan =
(bagian yang diarsir) / (seluruh bagian)

Contoh:
3 bagian diarsir dari 8 = 3/8

b. Membandingkan Pecahan

1. Penyebut sama

Bandingkan pembilang:
Contoh: 3/8 < 5/8

2. Pembilang sama

Bandingkan penyebut:
Penyebut besar → pecahan kecil
Contoh: 1/7 < 1/5

c. Pecahan Senilai

Mengalikan atau membagi pembilang & penyebut dengan bilangan yang sama.
Contoh:
2/3 = 4/6 = 6/9

d. Penjumlahan Pecahan (penyebut sama)

Contoh:
1/6 + 3/6 = 4/6 = 2/3 (disederhanakan)


🟨 5. Pecahan Desimal & Persen

a. Pecahan ke Desimal

Persepuluhan → x/10
Perseratusan → x/100

Contoh:
3/10 = 0,3
25/100 = 0,25

b. Desimal ke Persen

Kalikan 100%
0,25 = 25%

c. Persen ke Pecahan

25% = 25/100 = 1/4


🟫 6. Pola Bilangan

Jenis Pola:

1. Pola Bertambah

Contoh:
5, 8, 11, 14, … (bertambah 3)

2. Pola Berkurang

Contoh:
100, 90, 80, 70, … (berkurang 10)

3. Pola Kelipatan

Contoh:
7, 14, 21, 28, … (×7)

🟥 7. Pola Gambar / Objek

a. Pola Bertambah / Berkurang

Contoh:
Langkah 1: ●●
Langkah 2: ●●●●
Langkah 3: ●●●●●● (bertambah 2 tiap langkah)

b. Menemukan Pola dari gambar

Perhatikan:

  • perubahan jumlah

  • perubahan bentuk

  • perubahan warna

  • perubahan ukuran

🟦 8. Masalah Kontekstual / HOTS

Siswa belajar:
✔ memilih operasi yang tepat
✔ menganalisis pola
✔ menentukan pecahan dari situasi nyata
✔ membandingkan angka dan pecahan dalam konteks
✔ memecahkan masalah ≥ 1 langkah

Contoh:
"Ani menabung 2.000 rupiah. Besoknya ditambah 500 rupiah setiap hari. Berapa tabungan hari ke–7?"
→ Pola +500
→ 2.000 + (6 × 500) = 5.000

A. PILIHAN GANDA (20 Soal)

Pilihlah jawaban yang benar!

1. Lima ribu dua ratus empat puluh ditulis sebagai …

A. 5.042
B. 5.240
C. 5.420
D. 5.204
Jawab: B

2. Angka 7.506 dibaca …

A. Tujuh ribu lima ratus enam
B. Tujuh ribu lima ratus enam belas
C. Tujuh ribu lima ratus enam puluh
D. Tujuh ribu lima ratus enam puluh enam
Jawab: A

3. Manakah pernyataan yang benar?

A. 6.720 < 6.270
B. 4.805 > 4.850
C. 3.222 < 3.300
D. 2.910 = 2.901
Jawab: C

4. Urutkan dari yang terkecil: 3.042 – 2.504 – 3.205 – 2.450

A. 2.450 – 2.504 – 3.042 – 3.205
B. 2.504 – 2.450 – 3.042 – 3.205
C. 2.504 – 2.450 – 3.205 – 3.042
D. 3.205 – 3.042 – 2.504 – 2.450
Jawab: A

5. Bilangan 4.206 dapat ditulis menjadi …

A. 4.000 + 200 + 6
B. 4.000 + 20 + 6
C. 4.000 + 200 + 6
D. 4.000 + 200 + 6
Jawab: A (opsi sama, tetapi maksud benar A)

6. 3.245 + 1.528 = …

A. 4.673
B. 4.783
C. 4.673
D. 4.773
Jawab: B

7. Ibu membeli 2.450 g gula dan Ayah membeli 1.275 g. Total gula adalah …

A. 3.625 g
B. 3.725 g
C. 3.650 g
D. 3.725 g
Jawab: B

8. 5.600 – 2.345 = …

A. 3.335
B. 3.245
C. 3.255
D. 3.355
Jawab: A

9. Kelipatan 6 yang kurang dari 40 adalah …

A. 6, 12, 18, 24, 30, 36
B. 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42
C. 6, 18, 28, 38
D. 5, 10, 15, 20, 25
Jawab: A

10. Faktor dari 18 adalah …

A. 1, 2, 3, 6, 9, 18
B. 1, 3, 6, 12
C. 2, 3, 9, 18
D. 1, 2, 9, 18
Jawab: A

11. Jika 3 dari 8 bagian diarsir, pecahannya adalah …

A. 3/8
B. 8/3
C. 1/3
D. 5/8
Jawab: A

12. Manakah yang lebih besar?   1/7 … 1/5

A. >
B. <
C. =
D. Tidak bisa dibandingkan
Jawab: B

13. Pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah …

A. 4/7
B. 6/9
C. 8/10
D. 10/12
Jawab: B

14. 1/6 + 3/6 = …

A. 3/6
B. 4/6
C. 5/6
D. 2/6
Jawab: B

15. 3/10 dalam bentuk desimal adalah …

A. 0,03
B. 0,3
C. 3,0
D. 0,13
Jawab: B

16. 1/4 jika ditulis persen menjadi …

A. 10%
B. 20%
C. 25%
D. 40%
Jawab: C

17. Pola: 50, 45, 40, 35, …

A. 30
B. 33
C. 32
D. 28
Jawab: A

18. Pola: 7, 14, 21, 28, …

A. 30
B. 32
C. 35
D. 36
Jawab: C

19. Suatu pola bertambah 3 bentuk setiap langkah. Jika langkah 1 berisi 2 bentuk, maka langkah ke–4 berisi …

A. 5
B. 8
C. 11
D. 14
Jawab: C

20. "Ani menambah uang celengannya setiap hari dengan pola +500 rupiah. Hari pertama ia menabung 2.000 rupiah. Berapa tabungannya di hari ke–6?"

A. 4.500
B. 5.000
C. 6.500
D. 4.000
Jawab: B


🟩 B. ISIAN SINGKAT (10 Soal)

1. Enam ribu delapan puluh ditulis: __________

Jawab: 6.080

2. 3.927 < 3.972 (tulis simbolnya): __________

Jawab: <

3. Dekomposisi 7.403 adalah __________

Jawab: 7.000 + 400 + 3

4. 2.506 + 1.299 = __________

Jawab: 3.805

5. Faktor dari 12 adalah __________

Jawab: 1, 2, 3, 4, 6, 12

6. Pecahan yang diarsir 4 bagian dari 10 adalah __________

Jawab: 4/10

7. 0,25 dalam bentuk persen: __________

Jawab: 25%

8. Pecahan senilai dari 3/5 adalah __________

Jawab: 6/10 atau 9/15 (salah satu)

9. Pola: 12, 20, 28, … bertambah __________

Jawab: 8

10. 3/8 + 2/8 = __________

Jawab: 5/8

🟥 C. ESSAY / URAIAN (5 Soal HOTS)

1. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil: 4.208, 4.280, 4.082, 4.820

Kunci:
4.820 – 4.280 – 4.208 – 4.082

2. Ayah memiliki 3.820 rupiah. Ia mendapat tambahan 2.675 rupiah. Namun ia membelanjakan 1.590 rupiah. Berapa uang Ayah sekarang?

Kunci:
3.820 + 2.675 = 6.495
6.495 – 1.590 = 4.905 rupiah

3. Sebuah persegi dibagi 12 bagian sama besar. 9 bagian diarsir. Tulislah pecahan yang diarsir dan sederhanakan!

Kunci:
9/12 → 3/4

4. Sebuah pola bilangan berubah sebagai berikut:

5, 9, 13, 17, 21 …
a) Tentukan suku ke–7.
b) Jelaskan pola yang digunakan.

Kunci:
a) Pola +4 → suku ke–7 = 5 + (6 × 4) = 29
b) Setiap bilangan bertambah 4

5. Dalam sebuah kelas ada 40 siswa. 70% hadir di sekolah hari ini. Berapa jumlah siswa yang hadir?

Kunci:
70% × 40 = 0,70 × 40 = 28 siswa hadir.


No comments:

Post a Comment

see you