Tuesday, July 30, 2019

Kelainan Tulang


PB 2 Subtema 3 
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan mamalia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
 Macam-Macam penyakit tulang pada manusia
1.       Fraktura (patah tulang)
Kelainan pada tulang akibat kecelakaan yang mengakibatkan tulang patah, baik kendaraan motor atau jatuh.   Ada dua jenis fraktura yaitu fraktura terbuka yaitu patah tulang yang merobek atau menembus kulit. Dan fraktura tertutup yaitu patah tulang yang tidak merobek atautidak keluar dari kulit.

2.       Retak tulang (Fisura)
Penyakit tulang karena kecelakaan yang menyebabkan tulang menjadi retak. Retak tulang dapat diperbaiki karena adanya zat dalam tulang yang akan membentuk sambungan.


3.       Osteoporosis
Adalah penyakit pada tulang karena kekurangan kalsium. Pad apenderita osteoporosis penghancuran pada tulang terjadi lebih cepat dari pada pembentukan tulang, hal itu menyebabkan tulang menjadi keropos.  Dengan demikian tubuh tidak dapat menyerap kalsium dengan normal.

4.       Rakhitis
Rakhitis adalah penyakit tulang karenan kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan bentuk tulang tidak normal. Penderita rakhitis akan memiliki tulang kaki berbentuk huruf O atau huruf X


5.       Rematik
Penyakit yang menyebabkan nyeri pada persendian. Biasanya rematik menyerang pad apergelangan tangan, siku, dan kaki.
6.       Lordosis
Penyakit kelainan tulang karena kebiasaan duduk. Bentuk tulang belakang pada penderita lordosis melengkung ke depan.

7.       Kifosis
Penyakit tulang karena kebiasaan duduk, bentuk tulang belakang penderita kifosis bengkok kebelakang dan bungkuk. Hal ini disebabkan karena sikap duduk dan berdiri yang seringmembungkuk.


8.       Skoliosis
Penyakit tulang punggung bengkok ke kiri atau ke kanan. Kelaianan ini disebabkan kebiasaan duduk dengan posisi miring atau mengangkat beban berat yang tidak seimbang antara bahu kiri dan bahu kanan.


3.1 Menentukan pokok pikiran teks lisan dan tulis

Perhatikan paragraf berikut
Berbagai posisi tubuh yang tidak tepat dapat megakibatkan otot-otot tertentu bekerja secara berlebihan. Misalnya saat duduk menulis, bekerja di depan komputer dengan posisi duduk yang tidak tepat, kebiasaan menelpon dengan menjepit telepon di antara kuping dan bahu. Hal semacam inilah yang mengakibatkan munculnya keluhan-keluhan seperti yang dialami oleh pak Kusuma.
Ide pokok paragraf di atas adalah “ Berbagai posisi tubuh yang tidak tepat depat mengakibatkan otot-otot tertentu bekerja secara berlebihan.”

Posisi sikap duduk yang benar adalah posisi dan sikap duduk yang ergonomis.
Berikut tips posisi duduk yang ergonomis,
a.       Kursi  duduk dilengkapi sandaran, minimal setinggi punggung bagian atas.
b.      Duduk posisi tengah dan bersandar agar tidak tegang dan cepat lelah
c.       Posisi paha horizontal sejajar dengan lantai
d.      Posisi telapak kaki menepak ke lantai. Jika tidak, berarti posisi duduk terlalu tinggi, tambahkan bantal jika perlu.
e.      Letakkan lutut kaki (antara paha dengan kaki) membentuk sudut 90-110 derajat)
f.        Kepala tidak membungkuk atau condong ke depan
g.       Ubah posisi duduk secara berkala

 3.1 memahami gambar cerita

Komik adalah gambar yang disusun secara berurutan dan saling berhubungan dan membentuk alur cerita. Cerita pada komik biasanya lucu dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Sebagian besar komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks.teks berfungsi untuk menjelaskan, melengkapi, dan memperdalam penyampaian pada isi komik.  Teks disajikan dalam gelembung-gelembung kata atau  balon kata sesuai dengan gambar.


Komik dapat dibuat berdasarkan imajinasi, ide/gagasan kita, maupun teks bacaan yang kita baca. Misalnya kita menggunakan teks bacaan yang berjudul Posisi dan Sikap Duduk yang benar. Bacaan tersebut menjelaskan tentang Leher dan punggung Pak Jhon yang sering sakit bekerja. Hal itu disebabkan karena kesalahan posisi duduk pak Jhon. Lalu rekan pak Jhon Caterine menyarankan posisi duduk yang baik untuk Pak Jhon.
Kita sudah mengetahui isis bacaan dengan itu kita bisa membuat komik dengan menarik. Kita lengkapi pula dengan teks percakapan agar lebih menarik.


No comments:

Post a Comment

see you