Tuesday, July 30, 2019

Macam-macam Otot Manusia



PB 5 Subtema 3 
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Otot adalah jaringan yang ada di dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot bekerja dengan cara berkontraksi (mengencang) dan berelaksasi (Mengendur).
Fungsi otot pada manusia
  1. Menjalankan dan melaksanakan kerja, misalnya berjalan, mengangkat, dan memegang
  2. Menggerkakan jantung sehingga dapat memompa darah
  3. Mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Di dalam darah terdapat zat-zat, antara lain nutrisi dan oksigen

Karakteristik otot manusia
  • Kontrabilitas yaitu kemampuan otot dalam berkontraksi (memendek)
  • Ekstensibilitas yaitu kemampuan otot dalam berelaksasi (memanjang)
  • Elastisitas yaitu kemampuan otot untu kembali kebentuk semula setelag berkontraksi dab berelaksasi
Ada  tiga jenis otot manusia, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantungOtot polos
  1. Otot polos adalah otot yang bekerja tanpa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau saraf otonom

Ciri otot polos
Waktu kontraksi antara 3 hingga 180 detik, bentuk dari otot polos adalah gelendong, ujungnya runcing dan bagian tengahnya menggelembung, memiliki satu inti, tidak memiliki garis-garis melintang atau polos, terletak pada organ dalam, memiliki satu inti sel yang berada di tengah, pergerakannya lambat dan tidak mudah lelah, dipengaruhi oleh saraf otonom atau saraf tak sadar, otot polos berada di bagian usus, saluran peredaran darah, dan otot di saluran kemih, tidak diperintah atau dipengaruhi oleh otak. Oleh karena itu otot polos juga disebut dengan otot tak sadar.
2. Otot lurik
Adalah otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan dalam pergerakan. Otot lurik adalah otot yang bekerja di bawah kesadaran
Ciri otot lurik
Berbentuk silindris memanjang, tampak adanya garis-garis melintang yang tersusun sperti daerah gelap dan terang secara berselang seling (lurik). Melekat pada rangka, bekerja secara sadar dengan perintah otak. Bekerja cepat dan mudah lelah. Memiliki banyak inti sel (multi sel), memiliki pigmen mioglobin, inti sel berada di tepi.
3. Otot Jantung
Otot jantung terletak hanya pada jantung. Otot itu bekerja terus menerus tanpa istirahat atau berhenti. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karena ada persamaan denga otot jantung, mislnya memilki sisi gelap terang dan inti sel yang berada di tengah. Otot jantung berfungsi dalam memompa darah keseluruh tubuh. Otot jantung bekerja tanpa kesadaran manusia.
Ciri otot jantung
Otot jantung berbentuk silindris, bercabang, ada di jantung, memiliki satu inti sel yang ada di tengah, bekerja tanpa kesadaran, bekerja terus menerus tanpa memerlukan istirahat, berdasarkan bentuknya otot jantung seperti otot lurik, tetapi proses kerjanya seperti otot polos.

3.1  menetukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
perhatikan paragraf berikut
otot berfungsi untuk mempertahankan postur tubuh. Otot-otot rangka membantu manusia untuk berdiri dan mempertahankan sikap tegak. Dalam hal ini otot-otot tersebut membantu menjaga keseimbangan tubuh.
Ide pokok paragraf di atas adalah “otot berfungsi untuk mempertahankan postur tubuh”.
Fungsi otot adalah : sebagai alat gerak, mendukung tubuh, mempertahankan postor tubuh, menjaga suhu tubuh.
3.1 memahami gambar cerita (sbdpp)
Agar dapat menghasilkan gambar cover yang baik kita harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu baru menentukan desain latar (background)
Ragam desain sampul buku dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan buku dan tampilannya

Ragam desain gambar berdasarkan kebutuhan
Ragam desain buku dibedakan berdasarkan tema atau bidang buku misalnya buku pendidikan,buku masakan, dan buku cerita.

Ragam desain cover berdasarkan tampilan
Ada dua macam desain dalam membuat cover yaitu
 kover dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana pada jenis ini tidak ada gambar yang memenuhi halaman. Bahkan terkadangan hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan adalah warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega agar mata tidak sesak mterpenuhi oleh gambar.
Desain penuh warna dan gambar
Pada jenis ini, bagian yang dominan adalah gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.



No comments:

Post a Comment

see you