Thursday, August 22, 2019

Membaca Teks "Tanggung Jawab Ade"

Tema 2  Subtema 2 Pb 4 Tanggal 22 Agustus 2019
Membaca Teks
3.2 mengklsifikasikam informasi yang di dapat dari teks ke dalam aspek apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Dalam teks cerita, kita bisa menemukan informasi mengenai tokoh cerita. Informasi mengenai tokoh cerita bisa kita gali dengan mengajukan pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa.
Contoh Teks.

Liburan sekolah telah tiba. Yeni dan kedua orang tuanya berencana pergi berlibur ke Museum Yogya kembali, Sleman Yogyakarta. Sebenarnya Yenni sudah lama ingin mengunjungi Museum tersebut tapi belum kesampaian. Nah, pada liburan sekolah kali ini, Yenni sudah tidak sabar lagi untuk pergi ke Museum Yogya Kembali. Yenni sangat senang dengan pelajaran sejarah, apalagi dengan benda-benda bersejarah. Pada liburan kali ini ia sudah mempersiapkan kamera untuk memotret barang-barang peninggalan para pahlawan yang terdapat di Museum Yogya Kembali.

Di dalam cerita di atas terdapat informasi yang diambil dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut
 Apa judul yang tepat untuk teks di atas?
Jawaban: Berlibur ke Museum Yogya Kembali
Kapan Yenni pergi berlibur?
Jawaban: pada saat liburan sekolah
Dengan siapa Yenni mengunjungi museum?
Jawaban: dengan kedua orang tuanya
Dimana letak Museum yogya Kembali?
Jawaban: Sleman, Yogyakarta
Mengapa Yenni senang mengunjungi museum?
Jawaban: Karena yenni senang dengan pelajaran sejarah
Apasaja yang dipersiapkan Yenni ke Museum?
Jawaban: mempersiapkan kamera untuk memotret barang-barang peninggalan para pahlawan.

3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat
Seluruh aktivitas manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut kegiatan ekonomi. Berikut ini tiga macam kegiatan ekonomi
Produksi
Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Contohnya pabrik kertas yang mengolah kayu hasil pemotongan pohon menjadi bubur kayu yang kemudian diolah menjadi kertas. Orang/badan usaha yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Distribusi


Distribusi adalah kegiatan yang menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Orang/badan usaha yang melakukan kegiatan distribusi/ penyaluran barang disebut distributor yaitu agen, pedagang besar/grosir, dan pedagang eceran.

Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan memanfaatkan/menghabiskan barang dan jasa. Contoh kegiatan mengonsumsi barang yaitu memakan roti, menggunakan buku tulis, dll. Contoh kegiatan mengonsumsi jasa yaitu mencukur rabut di salon, naik anggkutan umum, dan menonton film di bioskop.
Untuk mengonsumsi barang dan jasa masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atai waktu.


Tanggung jawab dalam Keluarga


Setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab masing-masing. Tanggung jawab tersebut harus dilaksanakan dengan baik. Kita tidak boleh ragu dan malu saat melaksanakan tanggung jawab kita. Tanggung jawab anak dan orang tua dalam keluarga berbeda.

Tanggung jawab Anak
Di rumah anak memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah membantu orang tua kita. Kita tidak boleh malu saat membantu orang tua. Kita bantu orang tua sesuai kemampuan kita. Tanggung jawab yang lain sebagai seorang anak adalah belajar. Di rumah, sebaiknya kita mengulang pelajaran yang diberikan di sekolah.

Tanggung Jawab Orang tua
Memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan kesejahteraan keluarga merupakan tanggung jawab orang tua. Untuk memenuhi hal tersebut orang tua bekerja atau membuka usaha. Dengan bekerja dan membuka usaha, orang tua dapat menambah penghasilan bagi keluarga.

No comments:

Post a Comment

see you