Thursday, September 19, 2019

Upaya masyarakat dalam pembangunan sosial


Tema 3 Subtema 2 Pb 3 Tanggal 20 September 2019

Upaya masyarakat dalam pembangunan sosial

3.2 menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat indonesia.

Setiap hari masyarkat melakukan berbagai aktivitas sosial maupun ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi dengan tujuan meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebit dengan pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial meliputi kebutuhan material dan kebutuhan spiritual yang terpenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan material dan spiritual,memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan diri. Berikut contoh aktivitas manusia dalam upaya pembangunan sosial.
  • Kegiatan penyuluhan kesehatan
  • Kegiatan koperasi
  • Kegiatan ekonomi di pasar

Aktivitas Masyarakat dalam pembagunan sosial
Salah satu aktivitas masyarakat dalam pembangunan sosial adalah kegiatan ekonomi di pasar. Pasar merupakan tempat terjadinya jual beli

Selain penjual dan pembeli di pasar juga terdapat barang dagangan yang berasal dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Berikut ini adalah contoh alur kegiatan ekonomi pada proses jual beli sayur dan buah


Berikut ini adalah pelaku kegiatan ekonomi dan jenis aktivitasnya.

Setiap pelaku ekonomi mendapatkan keuntungan dari kegiatan ekonomi tersebut. Misalnya petani mendapatkan uang sebagai modal untuk meningkatkan usaha dan memenuhi kebutuha. Pengepul dan pedagang juga mendapatkan keuntungan berupa berupa uang untuk melanjutkan usahanya. Semntara itu, konsumen mendapatkan kepuasan dan pemenuhan kebutuhan pangan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keragaman adat istiadat di Indonesia
3.3 menelaah keragaman sosial budaya masyarakat

Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sudah berlangsung lama di masyarakat. Adat istiadat bertujuan untuk mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat antarkelompok masyarakat ada yang sama ada yang berbeda. Misalnya adat istiaadt masyarakat oasing di banyuwangi merupakan perpaduan antara budaya jawa, madura, dan bali. Sementara adat istiadat masyarakat Jawa timur dan Jawa tengah banyak memiliki kesamaan.
Berikut ini adalah beberapa contoh pelaksanaan adat istiadat di beberapa daerah

Menentukan isi pesan pada iklan media cetak
3.4 menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.

Menyusun teks iklan nonkomersi tidak boleh bertentangan dengan nilai sosial dan budaya. Salah satu jenis iklan nonkomersil adalah iklan layanan masyarakat. Teks iklan ini berisi ajakan, pesan soial, dan imbauan kepada masyarakat untuk menjalani atau mencapai kondisi hidup yang lebih bai dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang dimuat di dalam iklan tersebut.

Iklan berisi pemberitahuan kepada masyarakat. Iklan mengandung pesan yang ingin disampaikan pembuat iklan kepada masyarakat. Isi iklan bisa berupa penawaran barang atau jasa. Isi iklan juga bisa berupa informasi kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Perhatikanlah gambar iklan di atas.
Kita bisa menentukan isi pesan menyimak contoh iklan di atas. Isi pesan iklan dapat ditentukan berdasarkan gambar, kalimat, dan bahasa yang digunakan. Kita bisa menentukan isi pesan pada iklan seperti contoh berikut :

Perbedaan bahasa iklan media cetak dengan bahasa sehari-hari adalah.
Berikut ini adalah perbedaan bahasa pada iklan media cetak dengan bahasa sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

see you