Tuesday, January 30, 2024

Materi Kelas IV SD

 Hari/Tanggal                     : Selasa, 30 Januari 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS Bab 5                     : Cerita Tentang Daerahku

2. Pend. Pancasila             : Negaraku

3. Matematika                   : Pengukuran Luas 

Capaian Pembelajaran IPAS

1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

2.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
                                                
Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat membuat info grafis mengenai daerah tempat tinggalnya, mengidentifikasi faktor-faktor yang memperkuat NKRI,menganalisis arti penting Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,  Melalui kegiatan menuliskan cara menabung di bank, peserta didik dapat menulis teks prosedur dengan baik, Melalui kegiatan menulis pengalaman menabung, peserta didik dapat menulis kalimat dengan baik sesuai kaidah bahasa Indonesia 


IPAS
Membuat infografis lengkap mengenai daerah tempat tinggal.


Langkah Pembuatan Infografis:
1. Buatlah informasi mengenai daerah kalian yang berisi:
a. nama daerah;
b. sejarah singkat daerah;
c. peninggalan benda-benda bersejarah yang ada di daerah;
d. bentang alam/kenampakan alam daerah;
e. kekayaan alam daerah;
f. mata pencaharian dominan daerah;
g. ajakan untuk menjaga dan melestarikan sosial-budaya daerah.
2. Buatlah karya yang menarik dan memberikan pengetahuan pada pembacanya.

Pendidikan Pancasila

Menjaga keutuhan negara harus mulai ditunjukkan dari lingkup yang paling kecil, yakni keluarga. Ini berlaku bagi semua anggota keluarga.

Ketertiban dan keamanan keluarga akan terwujud apabila setiap anggota keluarga mematuhi tata tertib kehidupan rumah tangga. 

Caranya, setiap anggota keluarga harus menjalankan kewajiban dengan baik dan benar, saling menghormati, dan bekerjasama.

Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di keluarga, antara lain:

1. Memasang bendera merah putih di depan rumah.

2.  Menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga.

3. Membantu adik mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah.

4. Melakukan kegiatan ibadah bersama.

5. Mengakui keberadaan dan fungsi masing-masing anggota keluarga.

berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di sekolah, antara lain:

1. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin.

2. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan di sekolah.

3. Berteman dengan siapa pun tanpa membeda-bedakan.

4. Menolong teman yang sedang kesusahan.

5. Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

6. Patuh dan melaksanakan piket sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

7. Berlaku jujur dengan tidak mencotek saat ulangan.


Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaa keutuhan negara di masyarakat, antara lain:

1. Mematuhi norma yang berlaku di masyarakat.

2. Menghargai teman dan tetangga yang berbeda dengan kita.

3. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti.

4. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan ronda menjaga keamanan.

5. Saling membantu ketika ada tetangga yang kesulitan.

6. Mementingkan kepentingan masyarakat dari kepentingan pribadi.

7. Tidak mengurung diri di dalam rumah, bersikap ramah pada tetangga.

8. Berani membela kebenaran dan menjunjung tinggi kejujuran.


Matematika


Ukuran adalah kuantitas dari daerah yang dikelilingi oleh garis. Ukuran ini dinyatakan sebagai satu bilangan yang disebut luas. Luas dinyatakan sebagai banyak dari ukuran satuan. Luas dari persegi dengan sisi 1 cm disebut satu sentimeter persegi dan ditulis 1 cm². cm² sendiri disebut satuan dari luas.

Dengan menggunakan panjang dan lebar, luas persegi panjang  dinyatakan sebagai berikut. Luas persegi panjang = panjang x lebar. Luas Persegi Panjang = Panjang × Lebar. Kalimat matematika ini disebut rumus. 

Luas persegi dinyatakan dengan rumus berikut. Luas persegi = sisi x sisi. Luas persegi dengan sisi-sisi 1 m disebut satu meter persegi dan ditulis 1 m². m² adalah satuan dari luas, seperti cm².

Luas 100 meter persegi disebut satu are, dan ditulis 1 a. a digunakan untuk menunjukkan luas dari sawah dan ladang. Luas 10000 m² persegi disebut satu hektar, dan ditulis 1 ha.ha digunakan untuk menunjukkan luas ladang pertanian dan hutan. Luas dari persegi dengan sisi 1 km disebut satu kilometer persegi dan ditulis 1 km², km² digunakan untuk menunjukkan luas yang besar, seperti pulau, kota, dan negara.

1. Di antara satuan-satuan : cm², m², aha, km² mana yang sebaiknya digunakan untuk menyatakan luas daerah berikut?

1. Luas lapangan sekolah
2. Luas buku catatan
cm²
3. Luas negara Indonesia
km²
4. Luas sawah
a, ha
2. Ayo menghitung luas dari gambar berikut!
Luas bangun
  • Luas = 15 x 5 = 75 cm²
  • Luas = 7 x 7 = 49 km²
  • Luas = 10 x 5 = 50 m²
  • Luas = (12 x 3) + (5 x 5) = 36 + 25 = 61 cm²
  • Luas = (7 x 5) - (3 x 3) = 35 - 9 = 26 cm²
3. Ayo menggambar persegi panjang dengan luas 60 cm² dengan menentukan panjang dan lebarnya.

Setelah menyimak video di atas, sekarang waktunya menguji pemahaman mengenai materi pengukuran / luas 

Pilihan Ganda

1.    Rumus luas persegi Panjang adalah ....
a. L = s x s 
      b. L = s + s      c. L = p x l       d. L = p l

2.    Suatu persegi memiliki panjang cm, maka luasnya   

       adalah .... cm²
a. 
cm²            b. 18 cm²        c. 81 cm²         d. 27 cm²          

3.    Suatu persegi panjang memiliki panjang 28 cm dan lebar 9 cm, maka luasnya adalah .... cm²
  a. 242
         b. 250            c. 252              d. 262

4.   


5.    Selembar kain dengan ukuran panjang m dan lebarnya 70 cm. Hitunglah luas kain tersebut!

Pendidikan Pancasila 
. Pancasila
Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila. Pancasila mengandung bermacam-macam nilai yang menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila digali dari akar budaya bangsa Indonesia sehingga Pancasila merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila tidak digali dari nilai-nilai budaya asing. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilainilai Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia

Contoh Cerita Pengalaman tentang Menabung

Ilustrasi cerita pengalaman tentang menabung. Sumber foto: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Dikutip dari buku Ayo Menabung,Tejasari CFP (2013: 6), menabung adalah suatu kegiatan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Semakin lama uang yang terkumpul maka akan menjadi banyak.
Contoh 1 Menabung Sejak Kecil

Aiman rajin menabung sejak kecil. Ibu Aiman selalu membiasakan dirinya untuk menyisihkan uang saku. Tak terasa setelah satu tahun uang tabungan Aiman bisa digunakan untuk membeli tas, sepatu, baju, dan sepeda baru tanpa minta pada ibu.

Semakin beranjak dewasa Aiman menjadi tahu mengapa ibu selalu mengajarkan dirinya untuk membiasakan diri menabung dengan cara menyisihkan uang saku. Hal ini dikarenakan disaat mendesak dan butuh uang pada waktu itu juga bisa menggunakan uang yang telah ditabung.

Waktu itu tak mungkin ibu bisa membelikan tas, sepatu, baju dan sepeda baru secara bersamaan. Akan tetapi karena ada uang yang telah ditabung, dalam waktu setahun ibu bisa membelikan Aiman semuanya walau ibu hanya menambah kekurangan uang yang tak banyak itu



No comments:

Post a Comment

see you