Wednesday, January 31, 2024

Materi Kelas IV

 Hari/Tanggal                        : Rabu, 31 Januari 2024

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matematika                        :  Pengukuran Luas

2. Bahasa Indonesia          : Bertukar atau Membayar  

Capaian Pembelajaran Matematika

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Si Capaian Bahasa Indonesia

Si    1.  Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks   aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

     Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

                                                


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat  mencari luas daerah persegi dan luas persegi panjang  serta menuliskan rumusnya. menuliskan pengalaman menabung.

Matematika
Luas Persegi Panjang dan Persegi

Ada dua cara untuk menghitung luas daerah bangun persegi panjang. Pertama, hitung banyak persegi satuan yang termuat dalam bangun. 
Keduanya, ukur panjang dan lebar, lalu kalikan. 
Perhatikan juga bahwa luas persegi panjang bisa dihitung sebagai panjang x lebar.

Rumus Luas Persegi dan persegi panjang
Luas persegi panjang = panjang x lebar. 
Luas persegi = sisi x sisi.

1. Pak Sobari memiliki sebidang sawah yang dapat dibuat dalam denah sederhana seperti gambar berikut.!

Jika satu persegi satuan berukuran 1 m × 1 m, maka luas sawah Pak Sobari adalah ... ;.

a. 25                   b. 30                 c. 35                d. 40

 2. Konversi satuan panjang berikut !             

    a. 9.000  cm = …………. m

    b. 80 m  = ……………… cm

    c.  4 ha =……………….. are

    d.  2 ha = ……………….. m2

3. Sebuah alun-alun memiliki panjang 800 m dan lebar 600m, berapakah are luas alun-alun tersebut?

 4. Pak Dadang memiliki sawah  1 ha. Sebanyak 40 are akan ditanami padi, ia juga akan menanami sawahya dengan sayuran seluas 30 are. dan sisanya akan di tanam palawija. Berapa are sawah Pak Dadang yang akan di tanami palawija?

 

5. Rumah Rafa berjarak 10 km dari rumah Rasyid. Saat ini Rafa sudah berjalan 5000 m. Berapa sisa jarak yang harus ditempuh Rafa agar tiba di rumah Rasyid dalam satuan km? 


Bahasa Indonesia 

Menabung Sejak Kecil

Aiman rajin menabung sejak kecil. Ibu Aiman selalu membiasakan dirinya untuk menyisihkan uang saku. Tak terasa setelah satu tahun uang tabungan Aiman bisa digunakan untuk membeli tas, sepatu, baju, dan sepeda baru tanpa minta pada ibu.

Semakin beranjak dewasa Aiman menjadi tahu mengapa ibu selalu mengajarkan dirinya untuk membiasakan diri menabung dengan cara menyisihkan uang saku. Hal ini dikarenakan disaat mendesak dan butuh uang pada waktu itu juga bisa menggunakan uang yang telah ditabung.

Waktu itu tak mungkin ibu bisa membelikan tas, sepatu, baju dan sepeda baru secara bersamaan. Akan tetapi karena ada uang yang telah ditabung, dalam waktu setahun ibu bisa membelikan Aiman semuanya walau ibu hanya menambah kekurangan uang yang tak banyak itu


No comments:

Post a Comment

see you