Tuesday, July 30, 2024

Mengurutkan dan membandingkan bilangan cacah sampai 10.000

 Hari/Tanggal : Selasa, 30 Juli 2024

Mata Pelajaran:

1. Matematika : Menghitung Bilangan sampai 10.000

2. Pendidikan Pancasila : Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

3. IPAS : Panca Indra

4. Bahasa Indonesia : Sudah Besar 

Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila :

Peserta didik menunjukkan makna sila-sila Pancasila, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; mengenal karakter para perumus Pancasila; menunjukkan sikap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia:

1. Menyimak: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

2. Membaca dan memirsa : Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

3. Berbicara dan Mempresentasikan : Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

4. Menulis : Peserta didik mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks. Peserta didik terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung

Capaian Pembelajaran Matematika :

1. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Capaian Pembelajaran IPAS

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra;

                  

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....
Anak sholih sholihah  tujuan pembelajaran yang akan  dicapai adalah: Peserta didik dapat mengenali sejarah dan tokoh perumus naskah teks pancasila, membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000, juga mengenal bentuk dan fungsi pancaindera hidung dan telinga.

MATEMATIKA

Setelah mengamati ketinggian Gunung Sinabung, Gunung Semeru, dan
Gunung Rinjani. Gunung manakah yang tertinggi? Dapatkah kalian menentukan
gunung berdasarkan tingginya dari yang terendah sampai yang tertinggi?
Kita harus memperhatikan nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
3.676
Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
     3            6         7            6
2.460
Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
       2        4             6         0
3.726
Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
       3        7              2         6
Berdasarkan penjelasan di atas, diperoleh 2 kurang dari 3. Jadi, bilangan 2.460
< 3.676 dan 2.460 < 3.726.
2.460
3.726
3.676
Bagaimana mengurutkan bilangan 3.676,
2.460, dan 3.726 dari terkecil ke terbesar? 

LATIHAN










Pancasila memiliki sejarah yang panjang sebagai dasar negara sekaligus falsafah hidup bangsa Indonesia. Dalam rangkaian proses perumusan Pancasila, terdapat nilai-nilai kebersamaan dari berbagai perbedaan yang muncul sebelum kemerdekaan Republik Indonesia akhirnya bisa diwujudkan. Secara etimologi, Pancasila berakar dari bahasa Sansekerta panca yang artinya "lima" dan sila yang berarti "asas" atau "prinsip".


Dengan demikian, Pancasila bisa dimaknai sebagai rumusan dan pedoman dalam kehidupan seluruh rakyat Indonesia. Istilah Pancasila muncul dalam Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca yang disusun tahun 1365 Masehi atau masa Kerajaan Majapahit. Menurut buku Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara (2012), istilah ini kembali diangkat dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Perjuangan untuk merebut kemerdekaan tidak sekadar bersama-sama melakukan perlawanan terhadap penjajah. Kebersamaan dalam proses musyawarah yang dilakukan oleh para bapak bangsa (the Founding Fathers) dalam merumuskan dasar negara juga merupakan salah satu bentuk perjuangan melepaskan diri dari tangan penjajah. Ketika semangat kemerdekaan rakyat Indonesia sedang memuncak, proses perumusan dasar negara yang dilakukan demi menuju kemerdekaan adalah hal yang tidak bisa ditunda lagi.
Founding Father
Perjuangan yang dilakukan oleh para bapak bangsa dalam proses perumusan dasar negara tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam proses tersebut bermunculan banyak sekali pendapat yang diajukan mengenai rumusan dasar negara. Tiga orang tokoh; Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno merupakan bagian dari para bapak bangsa yang mengemukakan gagasan dan pendapatnya mengenai rumusan dasar negara Indonesia merdeka.

Namun, dalam menghasilkan suatu keputusan sidang tidak semua pendapat harus diterima. Akhirnya setelah melalui proses sidang musyawarah yang panjang, maka disepakati rumusan dasar negara bernama Pancasila yang dapat kita kenali hingga saat ini.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat dibilang bahwa nilai perjuangan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara pasti dilandasi dengan kepentingan bangsa dalam semangat kebersamaan yang tinggi. Nilai juang dalam semangat kebersamaan tersebut tertuang sebagai berikut:
  1. Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Semangat anti penjajah dan penjajahan.
  3. Harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka.
  4. Semangat persatuan dan kesatuan.
  5. Setia kawan, senasib sepenanggungan, dan kebersamaan.
  6. Jiwa dan semangat merdeka.
  7. Semangat perjuangan yang tinggi.
  8. Pantang mundur dan tidak kenal menyerah.
  9. Ulet dan tabah menghadapi segala macam, tantangan, hambatan, dan gangguan.
  10. Berani, rela dan ikhlas berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.
  11. Cinta tanah air dan bangsa.
  12. Tanpa pamrih dan banyak bekerja.
  13. Disiplin yang tinggi.
  14. Percaya kepada hari depan yang gemilang dari bangsanya

Landasan perjuangan bangsa Indonesia termaktub dalam nilai-nilai tersebut yang menjadi bagian dalam merumuskan dasar negara kita Pancasila. Selain itu, para bapak bangsa dan rakyat Indonesia pada waktu itu telah mendalami nilai-nilai tersebutsehingga menyatu dalam diri.

Keputusan yang diambil dan disepakati dalam proses perumusan dasar negara pada saat itu merupakan keputusan terbaik yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Berdasarkan nilai-nilai itulah, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia dapat dipertahankan hingga sekarang.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Sebutkan empat macam sikap atau perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila!
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
  2. Hidup rukun dan dapat bekerja sama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda.
  3. Menghormati setiap orang dalam kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
  4. Yakin terhadap agama atau kepercayaan yang dianutnya tetapi tidak memaksakannya kepada orang lain

BAHASA INDONESIA

Pada materi bahasa indonesia kelas 4 sd semester 1 kurikulum merdeka membahas tentang cara mencari kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saat ini kita tida perlu menggunakan kamus yang tebal untuk mencari arti sebuah kata. di era digital ini kita dimudahkan dengan fasilitas yang ada. Cukup kita memasukkan kata yang hendak kita cari artinya, maka akan muncul arti dari kata tersebut. Masih bingung?

Untuk menemukan arti kata yang sulit kita dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baik yang berbentuk fisik atau pun kita bisa mencarinya secara daring di internet. Apabila kita belum pernah mencari arti kata sulit melalui KBBI secara daring, mungkin panduan di bawah ini dapat membantu. Dan berikut ini merupakan langkah langkah yang dapat kita lakukan.

  1. Buka laman Kemendikbud dengan alamat https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
  2. Tuliskan kata sulit yang kamu temukan dalam bacaan dalam kolom pencarian yang
    disediakan.
  3. Catat atau tulis arti kata yang kamu cari dalam buku catatanmu.

Dan apabila kita hendak mencari arti kata sulit dalam Kamus Besar Bahasa Indbnesia (KBBI) yang berbentuk fisik, dan berikut ini merupakan langkah langkah yang bisa kamu terapkan.

  1. Carilah sebuah kata yang menurutmu sulit atau kamu tidak mengetahui artinya.
  2. Bukalah bagian huruf dalam kamus sesuai huruf pertama kata yang tidak kamu ketahui
    artinya. Misalnya kata ‘influenza’ maka bukalah bagian dalam kamus yang menunjuk huruf ‘i’.
  3. Setelah membuka bagian huruf ‘n’ dalam KBBI, maka lanjutkan pencarian dengan mengidentifikasi huruf kedua, misalnya influenza maka kamu harus mencari pada urutan suku kata ‘in’.
  4. Setelah itu buka huruf ke tiga dan seterusnya sampai ketemu kata influenza. Setelah itu catat dalam buku catatanmu.
Setelah itu buka buku cetakmu dan bergantian membacakan sebuah teks wacana. jawablah pertanyaan yang ada dalam teks lalu carilah kata-kata sulit yang ada dalam teks ( Kamu bisa menggunakan kamus manual ataupu kamus daring)

IPAS

Sebelum memulai pembelajaran ayo kita simak video berikut ini!

Perhatikan video berikut



Telinga merupakan organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga berperan untuk keseimbangan dan posisi tubuh. Manusia memiliki sepasang telinga yang terletak simetris di bagian yang berlawanan. Fungsinya untuk menjaga keseimbangan dan lokalisasi suara.



Telinga terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Bagian Luar
Daun telinga, berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara yang nantinya menuju ke saluran telinga.

Saluran telinga, berfungsi untuk menangkap dan mencegah debu, maupun hewan berukuran kecil yang masuk ke telinga.

2. Bagian Tengah
Gendang telinga (membran timpani), berfungsi untuk menangkap gelombang suara lalu mengubahnya menjadi getaran yang diteruskan ke tulang telinga.

Tulang telinga, berfungsi landasan untuk meneruskan getaran yang masuk dari gendang telinga ke rumah siput. Tulang telinga terdiri dari martil, landasan, dan sanggurdi.

3. Bagian Dalam

Saluran eustachius
Saluran eustachius merupakan penghubung antara telinga tengah dan faring. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga luar dengan tengah.
Dalam keadaan diam, saluran eustachius akan tertutup. Saluran ini akan terbuka saar mengunyah dan menguap.

  • Koklea

Koklea memiliki bentuk yang menyerupai siput dan bertanggung jawab untuk mengubah getaran dari telinga tengah menjadi sinyal saraf. Pada bagian dalam koklea, terdapat rambut kecil yang mengubah getaran menjadi impuls listrik. 

Selanjutnya, saraf koklea akan mengirimkan impuls listrik menuju ke otak untuk diterjemahkan sebagai suara.

  • Saluran setengah lingkaran

Saluran setengah lingkaran terlihat seperti tiga tabung kecil yang terhubung. Bagian ini memiliki cairan dan dilapisi oleh rambut kecil. Fungsinya membantu menyeimbangkan tubuh. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga

Guna menjaga kesehatan telinga, kamu bisa melakukan beberapa langkah perawatan yang sederhana berikut ini:

  • Membersihkan telinga dengan lembut menggunakan kain bersih. Hindari memakai cotton bud atau benda keras lainnya yang dapat melukai telinga.
  • Jaga kebersihan saluran telinga dan hindari pengumpulan kotoran yang berlebihan.


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Telinga terbagi menjadi ..........bagian, yaitu ........., ......., .........
2. Apa Fungsi telinga bagian luar ?
3. Saluran yang berfungsi menyeimbangkan tekanan udara pada telinga adalah ......
4. Apa  fungsi saluran setengah lingkaran?
5. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga ?

No comments:

Post a Comment

see you