Hari/Tanggal : Senin, 19 Agustus 2024
Kelas : 4
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia : BAB 2 Di Bawah Atap
CP/TP
Menyimak:
1. Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan
2. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak
3. Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia
Membaca dan Memirsa:
4. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang
5. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat memahami isi bacaan, menemukan informasi, dan menarik kesimpulan
Berbicara dan Mempresentasikan
6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi
7. Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya
Menulis:
8. Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi
9. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.
2. IPAS : Wujud Zat dan Perubahannya
CP/ TP:
1. Peserta didik dapat mengenali materi dan karakteristiknya
2. Peserta didik dapat memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari
3. Matematika
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
MATEMATIKA
Pada buku Kurikulum Merdeka Matematika SD kelas 4, ada materi tentang perkalian bilangan cacah.
Perkalian adalah operasi hitung penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
Nah, kalau bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 0.
Perkalian bilangan cacah umumnya dilakukan seperti perkalian bilangan lainnya,
Hanya saja perkalian bilangan cacah yang nilainya lebih besar biasanya lebih mudah dihitung dengan cara bersusun.
Yuk, kita pelajari langkah-langkah perkalian bilangan cacah dengan cara bersusun!
Langkah-Langkah Perkalian Bilangan Cacah
Perkalian bulangan cacah dengan cara bersusun dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Perkalian cara bersusun dengan menyimpan.
2. Perkalian cara bersusun tanpa menyimpan.
Perkalian Bilangan Cacah Cara Bersusun dengan Menyimpan
Berikut contoh perkalian bilangan cacah dengan cara bersusun menyimpan. Contoh 47x9. Nah, berikut cara penyelesaiannya.
7 x 9 = 63
Angka 3 ditulis pada tempat nilai satuan dan angka 6 disimpan.
4 x 9 = 36.
36 + angka yang disimpan = 36 + 6 = 42. Jadi 47 x 9 = 423.
"Perkalian susun menyimpan dilakukan dengan cara menyimpan angka."
Perkalian Bilangan Cacah Cara Bersusun dengan Tanpa Menyimpan
Contoh 12 x 4. Berikut cara penyelesaiannya.
2 x 4 = 8.
Ditulis angka 8 di tempat nilai satuan.
1 x 4 = 4.
Ditulis angka 4 di tempat nilai puluhan.
Jadi hasinya 12 x 4 = 48.
Nah, itulah cara perkalian bilangan cacah cara susun dengan menyimpan dan tanpa menyimpan.
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Mengenal Bunyi dan Sumbernya
Bunyi merupakan salah satu bentuk energi yang ada di dunia ini. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu mendengarkan beranekaragam suara, mulai dari suara musik, kicauan burung, klakson kendaraan bermotor, suara pesawat, kereta api, dan suara orang yang sedang berbicara. Semua suara itu dapat kita dengar karena adanya sumber suara/bunyi. Alat indra yang berfungsi sebagai alat untuk mendengar bunyi adalah telinga. Bunyi memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kita. Dengan adanya bunyi, maka dunia tidak akan sepi.
Jenis Alat Musik
Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya
Jeni Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya
Jenis Alat Musik Berdasarkan Pengeras Suaranya
Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya
Kesimpulan:
Kegiatan belajar di kelas hari ini alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar. Peserta didik dapat mengikuti kegiatan dengan antusias. Namun masih ada 2 siswa yang belum memahami dengan baik materi bagian tumbuhan (IPAs) sedangkan untuk pelajaran Bahasa Indonesia Sudah tuntas . Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu diberikan pemahaman dalam menuntut ilmu pada hari ini. aamiin....
No comments:
Post a Comment
see you